Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Keset Kamar Mandi agar Tidak Bau

JAKARTA, KOMPAS.com - Keset kamar mandi bisa dengan mudah menampung rambut dan debu. Selain itu, tergantung pada seberapa baik ventilasi ruangan, keset kamar mandi juga bisa menjadi sarang jamur.

Oleh sebab itu, penting untuk mencuci keset kamar mandi secara rutin untuk menghilangkan bau akibat debu, kotoran, dan jamur. Keset kamar mandi bisa dicuci menggunakan mesin cuci ataupun tangan.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Selasa (13/12/2022), berikut cara mencuci keset kamar mandi agar tidak bau.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Vacuum cleaner
  • Deterjen
  • Cuka

Langkah pertama untuk mencuci keset kamar mandi adalah dengan mengibasnya sedikit. Bawa keset ke luar untuk menghilangkan kotoran.

Pembersihan cepat dengan vacuum cleaner juga dapat dilakukan.

Berikan perhatian ekstra pada label perawatan di bagian belakang keset agar Anda tidak melewatkan instruksi penting. Meskipun sebagian besar keset dapat dicuci dengan mesin, perawatan yang tepat bervariasi berdasarkan bahan dan metode pembersihan tertentu dapat menyelamatkan keset agar tidak cepat aus.

Jika Anda memiliki beberapa keset mandi yang tergeletak di sekitar, masukkan sekaligus ke dalam mesin cuci. Ini membantu mencegah mesin cuci tidak seimbang dan menimbulkan suara di tengah siklus pencucian.

Namun, berhati-hatilah agar tidak membuat mesin cuci kelebihan beban.

Panas tinggi paling baik untuk membunuh bakteri atau jamur. Pilih suhu hangat atau panas untuk keset berbahan katun, poliester, nilon, dan plastik.

Keset kamar mandi berbahan memory foam harus dicuci pada suhu yang lebih dingin agar bahan sintetisnya tetap utuh. Anda juga perlu menghindari penggunaan pemutih apa pun pada memory foam.

Pilih pengaturan siklus lembut untuk semua jenis keset. Pengaturan ini adalah kuncinya, terutama untuk membersihkan keset besar yang dilapisi karet, karena menjaga permukaan yang lengket dan anti selip agar tidak rusak.

Cara mencuci keset kamar mandi dengan tangan

Bahan keset yang hanya bisa dicuci dengan tangan termasuk bambu, goni, dan serat alami lainnya.

Mencuci keset kamar mandi dengan tangan tidak hanya membantu menjaga materialnya, tetapi juga memperpanjang masa pakainya secara keseluruhan.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Sarung tangan karet
  • Air hangat
  • Deterjen
  • Spons

Pertama, ambil sarung tangan karet dan isi bak cuci piring atau ember besar dengan air hangat dan beberapa sendok makan deterjen.


Masukkan keset kamar mandi dan gunakan spons untuk menggosoknya dengan lembut. Kosongkan bak cuci piring atau ember dan bilas dengan air dingin sampai sabun benar-benar bersih.

Untuk keset kamar mandi yang terbuat dari bambu atau keset serat alami lainnya, sebaiknya hindari perendaman seluruhnya. Sebagai gantinya, celupkan spons ke dalam ember berisi air sabun hangat untuk membersihkannya.

Cara mencuci keset kamar mandi plastik

Untuk membersihkan keset kamar mandi plastik, Anda dapat menggunakan cuka. Berikut caranya.

Bahan yang dibutuhkan

  • Cuka
  • Deterjen
  • Minyak pohon teh (tea tree oil)
  • Air

Tuang seperempat cangkir cuka putih suling langsung ke dalam deterjen untuk memberikan perawatan terbaik. Tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh untuk membantu membersihkan keset dari bau yang tidak diinginkan.

Selain itu, aroma segar akan membuat kamar mandi beraroma seperti spa.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/13/082200376/cara-mencuci-keset-kamar-mandi-agar-tidak-bau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke