Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pameran Tanaman Hias FLOII Convex 2022 Resmi Digelar

Acara bertajuk “Empowering Mindscape and Transforming Indonesian Tropical Plants Industry” ini digelar Perhimpunan Florikultura Indonesia (PFI) dan Indonesian Aroid Society (IAS) yang bekerja sama dengan QUAD Event.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/10/2022), pembukaan dilakukan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

“Ini sudah lama saya tunggu momentumnya, bagaimana kita bisa mengangkat kekayaan Indonesia dalam percaturan ekonomi dunia,” ujarnya.

Melalui pameran dan konferensi tanaman hias ini, masyarakat dapat menyaksikan berbagai macam koleksi tanaman hias dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara.

Beberapa jenis tanaman hias yang turut meramaikan acara ini, di antaranya bunga anggrek, aglonema, aroid, dan philodendron.

Ketua Umum PFI Rosy Nur Apriyanti menuturkan penyelenggaraan acara ini diharap bisa membangun ekosistem industri tanaman hias di Indonesia yang solid dan berkelanjutan.

Ia berharap semua pemangku kepentingan di sektor tanaman hias, seperti pencinta tanaman hias, pengusaha, hingga akademisi, bertemu untuk mendukung kemajuan industri tanaman hias Indonesia.

“Ini sejalan dengan misi PFI untuk menyadarkan publik mengenai pentingnya tanaman hias sebagai komponen lingkungan,” papar Rosy. 

Ada berbagai macam acara menarik yang diselenggarakan dalam FLOII Convex 2022. Pada hari pertama pameran, ada konferensi bertajuk “Pengembangan Industri Tanaman Hias Indonesia yang Andal dan Berkelanjutan – Government Grand Design”.

Konferensi ini dimeriahkan sejumlah narasumber menarik seperti Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dan Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Retno Sri Hartati.

Untuk hari kedua, ada sesi konferensi edukatif bertajuk “Keberlanjutan Keanekaragaman Hayati Indonesia dalam Usaha Tanaman Hias” dan “Peningkatan Akses ke Pasar Global Tanaman Hias Melalui Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian”.

Kemudian “Pengembangan Export Hub Dalam Mendukung Industri Tanaman Hias” dan talk show “History of Kunzo” yang menghadirkan Kunzo Nishihata selaku Japanese plant enthusiast.

Acara lainnya, lelang tanaman yang menampilkan beragam tanaman unik dan langka, salah satunya tanaman langka pertama di Indonesia yang baru dimiliki kurang dari lima orang.

Ada pula tanaman variegata mutasi pertama di Indonesia yang populasinya masih terbatas, yakni baru terdapat tiga tanaman dan belum dilepas ke pasar. Lelang tanaman ini dibuka dari harga Rp125 juta.

Setelah itu, tanaman hias dari Afrika Selatan yang terancam punak di alam. Lelang dibuka dari harga Rp70 juta. Ada juga persilangan anthurium yang sudah berusia 10 tahun dengan penawaran lelang mulai dari Rp135 juta.

Masyarakat yang hadir juga berkesempatan mendapatkan banyak hadiah dengan mengikuti kontes media sosial dan undian tiket.  

Ada pula kontes Plant Photo yang bisa diikuti pengunjung. Jadi, pengunjung harus membuat konten tanaman yang ada di FLOII Convex 2022. Pemenang dengan jumlah like terbanyak akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Jika ingin berkunjung, FLOII Convex 2022 hadir di Hall A JCC mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp20 ribu dan bisa diperoleh melalui platform PosPay atau https://www.floii-convex.com.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/14/213000476/pameran-tanaman-hias-floii-convex-2022-resmi-digelar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke