Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Kompor Induksi, Kelebihan dan Kelemahannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan kompor listrik dan kompor induksi kini semakin populer karena menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan kompor gas. Pemerintah pun saat ini melakukan sosialisasi penggunaan kompor tenaga listrik tersebut.

Kompor listrik dan kompor induksi sekilas tidak memiliki perbedaan. Akan tetapi, sebelum beralih dari kompor gas, ada baiknya Anda mengetahui perbedaan kompor listrik dan kompor induksi, serta kelebihan dan kelemahannya sehingga tidak salah beli.

Dikutip dari Martha Stewart, Kamis (22/9/2022), berikut penjelasan mengenai apa itu kompor induksi, serta kelebihan dan kelemahannya.

Panci pada dasarnya menjadi semacam tungku, menghilangkan perpindahan panas melalui permukaan kompor kaca tidak seperti kompor listrik biasa, sehingga membuatnya lebih efisien dan lebih aman.

Kompor induksi tersedia dalam satu "tungku" atau zona pemanas maupun dengan beberapa zona pemanasan.

Karena gelombang elektromagnetik digunakan untuk memasak, kompor induksi membutuhkan peralatan masak magnetik. Jika magnet menempel pada panci, dapat digunakan dengan kompor induksi.

Peralatan masak yang bersifat magnetis, dan karenanya kompatibel, mencakup panci besi cor, besi cor berenamel, dan stainless steel.

Kelebihan kompor induksi

Rachelle Boucher, koki eksekutif, ahli dapur listrik, dan pendiri Kitchens to Life, adalah pendukung kompor induksi. Dia menunjukkan beberapa keuntungan kompor induksi dibandingkan memasak dengan kompor gas, dan semuanya dimulai dengan kualitas udara.

Kata Boucher, gas alam menciptakan polusi dalam jumlah yang tidak dapat diterima dengan metana dan partikel di udara. Dengan kompor induksi, AC dan ventilasi menjadi lebih sedikit diperlukan.

Selain penurunan polusi udara, Boucher mengatakan ada juga keamanan yang perlu dipertimbangkan. Kompor induksi beroperasi tanpa nyala api, tidak ada api, sehingga Anda mengurangi kemungkinan kebakaran dapur dan luka bakar.

Boucher lebih suka memasak dengan kompor induksi karena lebih cepat dan tepat. Tidak hanya memanaskan dua hingga tiga kali lebih cepat daripada gas, kata Boucher, tetapi Anda dapat memilih suhu tertentu dan itu lebih konsisten.

Membersihkan kompor induksi juga lebih cepat dan mudah karena hanya panci yang dipanaskan. Bagian atas kaca yang halus tetap dingin sehingga tetesan dan percikan tidak menempel dan terbakar.

Karena permukaan yang tidak digunakan tetap dingin dan halus, kompor induksi secara efektif menjadi ruang tambahan untuk meletakkan peralatan memasak, buku masak, dan barang-barang lainnya yang mungkin tidak dapat Anda letakkan dengan aman di permukaan yang panas.

Karena kompor induksi lebih kuat daripada kompor gas atau kompor listrik, induksi lebih cepat, lebih nyaman, dan pada akhirnya membuat memasak lebih mudah.

Kelemahan kompor induksi

Kelemahan pertama adalah harga kompor induksi cenderung lebih mahal daripada kompor gas ataupun kompor listrik. Selain itu, mungkin ada biaya tambahan jika Anda perlu berinvestasi dalam peralatan masak baru.

Peralatan masak non-magnetik, seperti tembaga, kaca, aluminium, dan keramik, tidak cocok dengan kompor induksi kecuali jika memiliki lapisan bahan magnetik.

Jika wajan favorit Anda memiliki alas bulat, Anda tidak bisa hanya menambahkan cincin ke kompor, Anda memerlukan wajan datar atau kompor induksi khusus yang merupakan biaya tambahan.


Menurut Boucher, tantangan terbesar adalah kebutuhan untuk mencobanya. Sementara kecepatan memasak merupakan keuntungan, ritme dan kecepatan memasak tidak sama dengan induksi.

Seorang juru masak rumahan mungkin awalnya bingung dengan layar sentuh yang menghilang, menyesuaikan kecepatannya, dan terbiasa dengan kenyataan bahwa ketika panci dikeluarkan dari kompor, panci akan mati.

Terakhir, karena kompor induksi terbuat dari kaca, ada kemungkinan bisa tergores atau pecah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/23/071300576/mengenal-kompor-induksi-kelebihan-dan-kelemahannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke