Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Langkah Membersihkan Kamar Mandi Secara Mendalam

Hampir semua permukaan dan benda di kamar mandi, dari tirai shower, kloset, hingga gagang sikat gigi bisa dipenuhi bakteri. 

Keberadaan bakteri tak hanya membuat kamar mandi kotor, tapi juga menyebabkan berbagai risiko penyakit seperti infeksi kulit dan pneumonia. Maka itu, penting membersihkan kamar mandi secara rutin serta menyeluruh. 

Misalnya, kloset, bathtub, shower, dan keran air harus dibersihkan seminggu sekali serta membersihkan kamar mandi sekitar sebulan sekali.

Nah, dikutip dari Moving, Senin (11/7/2022), berikut langkah demi langkah membersikan kamar mandi secara menyeluruh. 

Ambil keset kamar mandi dan ikuti petunjuk pada label untuk membersihkannya. Sebagian besar keset bisa dicuci dengan mesin cuci pada siklus dingin. Jangan lupa mencuci handuk mandi dan handuk tangan. 

Setelah itu, semprotkan semprotan antibakteri atau cuka putih suling ke kain mikrofiber, lalu seka perlahan barang-barang di kamar mandi yang sering digunakan seperti botol sampo dan gagang sikat gigi, 

Bila menggunakan produk pembersih kimia, buka jendela jika memilikinya agar sirkulasi udara bisa masuk. Namun, apabila tidak memiliki jendela di kamar mandi, nyalakan kipas angin. 

Rambut sering kali mengotori lantai kamar mandi. Begitu pula dengan debu yang melayang di udara. Itulah penting menyedot debu sebelum mulai menggosok lantai untuk memudahkan menggosoknya. 

Gunakan penyedot debu atau vacuum cleaner. Sedot semua debu yang menempel pada lantai, sudut, belakang dan sekitar kloset, dan di bawah meja rias. Setelah selesai, bersihkan kepala penyedot debu dengan cepat. 

Bersihkan setiap permukaan

Untuk membersihkan kamar mandi secara mendalam, berikan perhatian pada setiap permukaan, bahkan yang tidak terlalu sering dipikirkan.

Gosok semua permukaan dengan semprotan disinfektan atau tisu atau cuka putih suling. Mulai dari, meja rias, gagang keran, kenop pintu, jendela, bathtub, hingga lantai kamar mandi.

Gunakan produk pembersih nat komersial atau larutan buatan sendiri, oleskan larutan pembersih ke area yang berjamur, dan biarkan selama 10 menit. 

Setelah itu, gunakan spons abrasif dan sedikit minyak siku untuk menggosok dan menghilangkan jamur.  

Selanjutnya membersihkan pintu dan tirai shower. Sebagian besar tirai dan pelapis shower dapat dimasukkan mesin cuci dengan beberapa handuk mandi dan detergen lembut. Jika terkena jamur atau lumut, tambahkan baking soda, pemutih, atau cuka.

Untuk pintu dan dinding kamar mandi, bersihkan dengan squeegee guna menghilangkan sisa air yang menempel, lalu semprotkan pembersih atau cuka putih suling, dan seka sampai bersih. 

Membersihkan kloset 

Terakhir, membersihkan kloset. Mulailah dari mangkuk kloset dan gunakan pembersih toilet dan sikat gosok untuk membersihkan permukaan secara menyeluruh.

Pastikan tidak menyiram toilet setidaknya selama 15 menit setelah melakukan ini sehingga larutan memiliki waktu untuk benar-benar mengendap.

Tutup kloset dan bersihkan seluruh bagian luar kloset dengan semprotan disinfektan atau campuran tiga gelas air dan gelas cuka putih.

Bersihkan flusher, dudukan kloset, dan sisi lain tutupnya. Selanjutnya,  membersihkan bagian bawah jok, termasuk pinggiran mangkuk.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/11/191800576/6-langkah-membersihkan-kamar-mandi-secara-mendalam

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke