Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Memilih Furnitur yang Tepat untuk Rumah dan Gaya Hidup

Hal ini tak lainnya lantaran banyak pilihan model dan jenis furnitur di pasaran, material furnitur, serta ukuran yang tepat untuk ruangan. 

Untuk membantu Anda, berikut ini tips memilih furnitur yang tepat untuk rumah dan gaya hidup Anda dikutip dari My Decorative, Minggu (24/4/2022).  

Setelah mendapat persetujuan, tentukan anggaran. Sekali lagi, proses ini juga perlu  melibatkan anggota lain di rumah.

Tidak peduli betapa indahnya furnitur yang diinginkan, jika Anda stres secara finansial karena membelinya, Anda tidak akan menikmatinya.

Selanjutnya, mengukuran ruangan agar dapat memilih furnitur yang tepat. Artinya, tidak terlalu besar atau kecil. Ingat, sesuatu yang terlalu kecil bisa terlihat sama lucunya dengan sesuatu yang terlalu besar. 

Pelajari material furnitur 

Ada beberapa furnitur yang mempunyai material buruk. Ada banyak sekali racun dan bahan kimia pada furnitur kelas bawah.

Lakukan riset dan pelajari tentang bahaya apa dari material furnitur yang Anda inginkan. Hal ini terutama penting bagi rumah yang memiliki anak-anak dan hewan peliharaan yang suka mengunyah atau menjilat furnitur. 

Namun, Jika Anda terbuka dengan ide furnitur bekas, Anda dapat menemukan harta karun asli di toko barang bekas dan toko amal.

Pilih furnitur bekas yang sudah direstorasi atau diperbarui. Furnitur restorasi memiliki tampilan yang masih bagus dengan harga yang lebih terjangkau. Cocok bila memiliki anggaran terbatas atau ingin menghemat pengeluaran.

Pastikan memeriksa furnitur tersebut sepenuhnya sebelum membelinya. Biasanya, toko furnitur bekas melakukan pencarian sendiri dan menolak baranga apa pun yang dapat berisiko rayap atau kutu busuk masuk ke furnitur mereka yang lain. 

Pertimbangkan buatan tangan

Luangkan waktu untuk menjelajah internet dan membaca platform furnitur buatan tangan atau handmade untuk melihat apakah ada beberapa barang yang disukai.

Selain mendukung bisnis kecil, membeli furnitur buatan tangan kecil kemungkinannya untuk menemukan furnitur yang dijual dalam jumlah massal karena biasanya hanya satu orang yang membuatnya dan butuh waktu untuk membuat salinan furnitur. 

Funitur custom dapat diletakkan di lorong miring yang aneh di bawah tangga atau kamar kecil kecil.

Furnitur custom juga bisa menjadi solusi bila furnitur yang diinginkan tidak ada di pasaran atau sesuai kebutuhan Anda seperti ukuran dan modelnya. Namun, furnitur custom memiliki harga lebih mahal. 

Jangan membeli sesuatu yang tidak Anda suka

Pahamilah bahwa furnitur yang Anda beli sekarang akan ada dalam hidup Anda untuk waktu  lama. Mungkin masih ada dalam kehidupan anak Anda, bahkan cucu setelah itu.

Karena itu, Anda harus sangat berhati-hati membeli furnitur yang tidak Anda sukai. 

Saran terakhir adalah mengukur kusen pintu dan tangga di rumah sebelum melakukan pemesanan. Misalnya, sofa yang dibeli bisa tidak muat melalui pintu depan dan itu adalah sakit kepala yang tidak ingin Anda hadapi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/24/090000376/6-tips-memilih-furnitur-yang-tepat-untuk-rumah-dan-gaya-hidup-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke