Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Minyak VCO Dapat Mengobati Ragam Penyakit Kulit pada Kucing?

Pengaplikasian minyak VCO pada area kulit kucing yang bermasalah dianggap dapat mengobati penyakit kulit yang diidap kucing.

Lantas, benarkah pengaplikasian minyak VCO dapat mengobati ragam penyakit kulit yang dialami kucing?

Menurutnya, penggunaan minyak VCO untuk mengobati penyakit kulit pada kucing justru bisa berdampak buruk jika adanya infeksi sekunder (infeksi pada kulit yang muncul bersamaan dengan infeksi kulit yang sebelumnya sudah ada).

"Kalau nanti ada infeksi sekunder, (penggunaan minyak VCO) malah bisa memperparah. Karena itu (minyak VCO) sifatnya minyak, sehingga kontaminasi lain lebih mudah bersarang dan lebih susah sembuh," jelas drh. Mirza ketika dihubungi Kompas.com baru-baru ini.

Berdasarkan ilmu kedokteran hewan yang telah didapat, drh. Mirza merasa bahwa penggunaan minyak VCO tidak dapat mengobati penyakit kulit pada kucing.

Ia pun menyayangkan banyak Youtuber yang sembarangan dalam memberikan rekomendasi penyembuhan terkait penyakit kulit kucing, sehingga itu banyak diterapkan masyarakat.

Selain itu, drh. Mirza juga mengimbau masyarakat untuk tidak menelan mentah-mentah informasi perawatan kucing yang banyak dibagikan di YouTube jika bukan dari ahlinya.


"Logikanya gini, tungau itu bersarang di bawah kulit kucing, nanti dia bertelur. Untuk membasminya itu dengan obat parasit. Dan obat parasit itu golongan obat keras, itu saja (pemberian obat parasit) mungkin butuh pengulangan, apalagi cuma minyak VCO- sekalipun itu bahan-bahan alami," tambahnya.

Terkait kucing yang berhasil sembuh dari penyakit kulit karena penggunaan minyak VCO, drh. Mirza menganggap kalau itu hanya sekadar sugesti saja dan belum tentu bisa untuk semua kucing.

"Karena dengan obat parasit, obat keras, belum tentu sekali diobatin langsung sembuh. Terutama scabies (salah satu penyakit kulit pada kucing) yang butuh waktu selama 2-4 minggu untuk pengobatannya," tutur drh. Mirza.

Lebih lanjut, drh. Mirza menyarankan agar setiap cat owner lebih berhati-hati dalam membeli barang atau obat-obatan di pet shop, ini termasuk minyak VCO.

Sebab, menurutnya saat ini banyak sekali obat-obatan yang abal-abal dan ilegal tanpa label BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) ataupun rekomendasi dokter.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/15/162000076/benarkah-minyak-vco-dapat-mengobati-ragam-penyakit-kulit-pada-kucing-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke