Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Tanaman Dalam Ruangan yang Bisa Tumbuh Tanpa Sinar Matahari

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah umum diketahui bahwa tanaman membutuhkan cahaya untuk tumbuh. Tanaman pun tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa jumlah cahaya yang tepat.

Namun demikian, dikutip dari Balcony Garden Web, Jumat (25/2/2022), ada beberapa tanaman yang dapat tumbuh tanpa sinar matahari. Banyak di antaranya merupakan tanaman dalam ruangan atau tanaman hias indoor.

Saat Anda mencari tanaman dalam ruangan yang bisa tumbuh tanpa sinar matahari, pilihlah tanaman yang dikenal karena kemampuannya untuk tumbuh dalam cahaya tidak langsung.

Ini adalah tanaman yang menyukai naungan yang ideal, tumbuh secara alami di bawah sinar matahari tidak langsung.

Tanaman ini beradaptasi dengan baik dengan jumlah cahaya yang lebih sedikit dan tumbuh subur secara normal.

Berikut beberapa tanaman dalam ruangan tanpa sinar matahari yang dapat Anda pilih untuk dirawat dan dikoleksi.

1. Tanaman karet

Jika Anda adalah penggemar tanaman dedaunan besar, maka tanaman karet atau rubber plant harus ada di daftar teratas Anda. Tanaman ini tidak pernah gagal untuk menjadi data tarik yang berani dengan daunnya yang mengkilap dan lembut.

Tanaman karet tumbuh dengan baik dalam cahaya tidak langsung yang cerah dan tidak akan keberatan hidup di tempat teduh juga.

2. Bromeliad

Bromeliad adalah tanaman yang sempurna untuk tumbuh di dalam ruangan. Sebagian besar varietas tanaman ini tumbuh subur dengan mudah dalam wadah di tempat teduh.

Tanaman bromeliad merupakan tanaman tropis, tetapi Anda bisa menanamnya di dalam ruangan. Tanaman ini bahkan dapat tumbuh dalam cahaya buatan berpendar.

3. Suplir

Berbicara tentang pakis yang populer di dalam ruangan, tanaman suplir adalah salah satu yang harus Anda pertimbangkan.

Tanaman ini mempunyai tangkai daun yang gelap dan mengkilap menyerupai rambut manusia, dan terlihat bagus. Pastikan untuk menyiram tanaman saat tanah lapisan atas kering. Hindari menyiram terlalu banyak air.

Selain itu, letakkan tanaman hias ini di bawah sinar matahari tidak langsung.

4. Lidah mertua

Lidah mertua sangat rendah perawatannya. Tanaman ini sangat tahan lama dan kuat dalam kondisi dalam ruangan.

Kemampuannya untuk mentolerir kegelapan pun sangat mengagumkan. Satu lagi fakta menarik tentang tanaman hias ini adalah termasuk dalam kelompok tanaman sukulen.

5. Philodendron

Philodendron, terutama Philodendron Heartleaf, mudah beradaptasi dengan kondisi cahaya rendah, dan cara merawatnya mirip dengan tanaman sirih gading. Varietas Philodendron tersedia dalam bentuk sulur dan semak.


Tanah harus selalu lembap tetapi tidak basah. Yang terbaik adalah Anda perlu memastikan tanah mengering sedikit di antara penyiraman.

6. Calathea

Calathea aalah satu tanaman daun terindah yang harus Anda tanam di rumah. Tanaman ini umbuh baik di tempat teduh terang, tetapi memiliki persyaratan suhu minimum tertentu mulai dari 13 derajat celcius yang harus dipertahankan.

Tanaman ini lebih suka penyiraman secara teratur. Akan tetapi penyiraman harus dikurangi dalam kondisi cahaya dan suhu rendah.

7. Marantha

Marantha adalah tanaman tropis dan agak sulit tumbuh di cuaca yang lebih dingin, tetapi ini adalah salah satu alternatif yang bisa Anda pilih. Sebab, tanaman ini relatif lebih mudah tumbuh daripada calathea.

Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam cahaya sedang tanpa akses langsung ke matahari. Jika tanaman diletakkan di tempat yang menerima terlalu banyak cahaya, daunnya mulai melengkung dan layu.

Waspadai pula beberapa hama yang mungkin menyerang tanaman ini, terutama tungau laba-laba.

8. Pakis Boston

Pakis Boston dapat menjadi tanaman hias hijau yang indah. Seperti tanaman hias lainnya, jangan letakkan di bawah sinar matahari langsung, tetapi berikan cahaya tidak langsung yang terang.

Tanaman ini tumbuh baik di tanah asam. Jaga agar tanah tetap lembap tetapi cukup kering.

Pakis Boston menyukai lingkungan yang lembap, jadi lakukan penyemprotan air secara teratur untuk menjaga tingkat kelembapan.

 

9. Sirih gading

Umumnya dikenal sebagai tanaman uang di Asia Tenggara, tanaman ini paling umum ditanam sebagai tanaman hias di negara-negara Asia. Tanaman merambat dengan perawatan yang sangat rendah ini tumbuh dengan mudah tanpa sinar matahari langsung.

Anda dapat menanamnya bahkan di kamar mandi, dapur, atau ruang tamu. Tanaman ini dikenal karena kemampuannya untuk membersihkan karbon monoksida dari udara.

10. Aglonema

Aglonema adalah salah satu tanaman hias terbaik untuk ditanam di dalam ruangan yang tidak memerlukan sinar matahari langsung yang konstan.

Jika Anda adalah seseorang yang baru menanam tanaman hias, ini adalah tanaman yang harus Anda miliki.

11. Anggrek

Salah satu poin penting dalam menanam anggrek dengan cara yang benar adalah jangan pernah memaparkannya pada sinar matahari langsung.

Hadir dalam rangkaian warna, varietas, dan wewangian yang memukau, anggrek yang eksotis dan anggun adalah pilihan terbaik Anda dalam hal tanaman dalam ruangan yang bisa tumbuh tanpa cahaya matahari. 

12. Bambu hoki

Menurut Feng Shui, tanaman bambu hoki atau lucky bamboo menarik energi positif dan keberuntungan. Ini adalah salah satu tanaman terbaik untuk diletakkan di meja.

Anda dapat menanamnya di air di rumah tanpa khawatir tentang paparan cahaya.

13. ZZ plant

Tidak hanya tanaman ini terlihat sangat bagus dengan dedaunannya yang menarik dan mengkilap, namun ZZ plant adalah tanaman yang bisa Anda lupakan dalam hal paparan sinar matahari dan penyiraman.

ZZ plant tumbuh dengan baik dalam kondisi cahaya tidak langsung dan sangat menyukai area rumah yang teduh. Satu-satunya persyaratan adalah lingkungan yang lebih hangat.

14. Peperomia

Peperomia adalah salah satu tanaman terbaik yang tumbuh tanpa sinar matahari. Tempatkan di dekat jendela yang memungkinkan tanaman ini menyerap cahaya tidak langsung sepanjang hari.

15. Lidah buaya

Lidah buaya adalah yanaman hias paling populer dan nomor satu di banyak negara menurut Google Trends. Tanaman obat ini dapat tumbuh di bawah sinar matahari langsung, tetapi juga mentolerir cahaya rendah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/25/140500076/15-tanaman-dalam-ruangan-yang-bisa-tumbuh-tanpa-sinar-matahari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke