Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Cara Menyemai Benih Cabai Pakai Gelas Plastik

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda akan menanam cabai di rumah, langkah awal yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan bibit atau benih cabai dan melakukan penyemaian.

Tujuan penyemaian benih adalah untuk mengurangi kematian akibat tanaman yang belum siap dengan kondisi penanaman. 

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (23/2/2022), secara umum tanaman yang memerlukan tahap penyemaian biasanya yang mempunyai siklus panen menengah hingga panjang dan memiliki benih yang kecil-kecil seperti tanaman cabai, tomat, sawi, dan lain-lain.

Proses penyemaian memerlukan tempat dan perlakuan khusus yang berbeda dengan kondisi lapangan.

Untuk itu, diperlukan tempat persemaian yang terpisah dengan area tanam. Tempat persemaian bisa dibuat permanen ataupun sementara.

Menyiapkan media tanam

Hal pertama yang harus disiapkan adalah media tanam. Sebagai tempat benih atau biji berkecambah, media tanam ini harus terjamin dari segi ketersedian nutrisi, kelembaban dan struktur baik.

Media persemaian yang alami terdiri dari campuran tanah dan bahan-bahan organik yang memiliki kandungan hara tinggi.

Selain itu, ketersediaan air dalam media persemaian harus mencukupi atau tingkat kelembapan yang relatif lebih tinggi dari area tanam biasa.

Tanah yang baik untuk media persemaian diambil dari bagian atas (top soil). Sebaiknya ambil tanah dengan kedalaman tidak lebih dari 5 cm.


Tanah yang baik merupakan tanah hutan, atau tanah yang terdapat di bawah tanaman bambu. Tanah tersebut memiliki karakteristik yang baik, terdiri dari campuran lempung dan pasir.

Lempung bermanfaat sebagai perekat media tanam, sedangkan pasir bermanfaat untuk memberikan porositas yang baik.

Media semai dapat digunakan adalah sampah plastik berupa gelas platik. Penggunaan gelas plastik sebagai media semai juga berfungsi untuk meminimalisir penyebaran sampah yang tidak bisa terurai dalam tanah.

Cara menyemai benih cabai menggunakan gelas plastik

Pertama, beri lubang pada bagian bawah gelas plastik yang digunakan sebagai media semai. Ambil media semai secukupnya, kemudian basahi media tersebut secara merata.

Masukkan ke dalam gelas plastik cukup sampai tiga perempat bagian. Masukkan benih ke dalam media semai yang sudah diratakan sebelumnya.

Benih yang dimasukkan tidak perlu terlalu dalam, cukup diletakkan di bagian permukaan saja, lalu ditutup pasir halus. Gelas yang telah diisi dengan benih kemudian diletakkan di bawah sinar matahari langsung.

Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. Benih akan berkecambah dengan rentang waktu bervariasi, mulai dari 3 hari sampai 1 bulan, tergantung jenis tanamannya.

Setelah terlihat dua daun pertama mekar sempurna, bibit tanaman yang bagus akan segera nampak hijau setelah mendapat sinar matahari.

Pastikan tanah media dalam kondisi lembap. Sebab, terkadang makin banyak kandungan air maka akar makin susah berkembang karena kondisi media basah seringkali berubah menjadi sedikit asam, khususnya bila berupa tanah dan kompos.


Pindahkan media tanam baru sesegera mungkin dalam lahan yang terkontrol. Semakin cepat dipindah semakin baik, karena tidak terjadi masa stagnan atau masa penyesuaian bagi benih yang baru dipindah tanam.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/23/071200976/mudah-cara-menyemai-benih-cabai-pakai-gelas-plastik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke