Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bulu Kucing Berubah Warna, Apa Penyebabnya?

Namun, jangan heran jika warna bulu kucingmu berubah, yang mana ini bisa terjadi karena beberapa hal.

Sangat wajar jika bulu kucing berubah warna di sana-sini, karena penampilannya dapat dipengaruhi oleh lingkungan dan usianya.

Dilansir dari Pets The Nest, Senin (7/2/2022), berikut ini adalah empat penyebab dari bulu kucing yang berubah warna.

Hal ini dapat terlihat pada beberapa ras, seperti kucing siam yang mendapatkan pola warna gelap dan terang karena pengaruh suhu kulit mereka.

Bulu kucing umumnya lebih terang saat kulitnya hangat dan lebih gelap saat cuaca dingin. Jadi, jangan heran jika warnanya menjadi lebih terang selama bulan-bulan hangat dan menjadi gelap di cuaca dingin.

Mengubah warna bulu dapat mengindikasikan penyakit pada beberapa kucing. Jadi, jika kamu memerhatikan bahwa kucingmu memiliki warna bulu yang baru, waspadai gejala lainnya.

Perubahan warna bulu saja tidak perlu dikhawatirkan, tetapi bila dikombinasikan dengan gejala lain, itu bisa menimbulkan masalah.


Tumor, kista, peradangan, ketidakseimbangan hormon, penyakit kuning, dan sindrom cushing dapat menyebabkan bulu kucing berubah warna.

Jadi, pantau perilaku dan kesehatan umum kucingmu saat kamu melihat bulunya berubah warna.

Sinar matahari

Ketika kamu pergi keluar dan terpapar sinar matahari yang terik, kulitmu menjadi lebih gelap dan rambutmu menjadi lebih terang. Hal yang sama juga terjadi pada kucing.

Jika kamu memiliki kucing yang menjalani kehidupan di dalam dan di luar ruangan, atau dia hanya suka berjemur di depan jendela yang terbuka sepanjang sore, bulunya akan menjadi cerah.

Usia

Beberapa kucing akan menjadi sedikit abu-abu seiring bertambahnya usia, seperti halnya orang tua yang rambutnya mulai beruban.

Akan tetapi hal ini berlangsung secara perlahan, tidak dalam sekejap. Kamu mungkin memerhatikan bahwa bulu kucingmu yang lebih tua menjadi lebih cerah dan menjadi agak lembut.

Seiring bertambahnya usia, warna kusam dan pudar pada bulu kucing yang tua bukan hal asing.

Jika kamu memiliki kucing hitam yang sudah tua, kamu mungkin melihat beberapa uban bermunculan di bulunya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/07/184100276/bulu-kucing-berubah-warna-apa-penyebabnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke