Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Merawat Monstera Dubia, Tanaman Hias Berdaun Unik

JAKARTA, KOMPAS.com - Monstera adalah salah satu jenis tanaman hias populer selama beberapa waktu terakhir. Ada beberapa jenis tanaman Monstera yang digemari masyarakat, seperti Monstera deliciosa maupun Monstera adansonii alias janda bolong.

Monstera dubia adalah varietas Monstera yang langka dan kurang dikenal ketimbang dua jenis yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, penampilannya yang indah dan kebiasaan pertumbuhan yang menarik menjadikannya tambahan yang bagus untuk koleksi tanaman hias Anda.

Dikutip dari The Spruce, Senin (13/12/2021), di habitat aslinya di Amerika Tengah dan Selatan yang beriklim tropis, Monstera dubia adalah tanaman merambat yang memanjat pohon dan tanaman besar.

Tanaman remaja dicirikan oleh daun kecil berbentuk hati dengan variegasi hijau muda dan hijau tua, serta daunnya rata.

Sebaliknya, tanaman Monstera dubia dewasa, yang biasanya hanya terlihat di alam liar, sangat mirip dengan Monstera deliciosa dengan fenestrasi besar dan tanpa variegasi.

Tidak seperti daun Monstera dubia remaja, daun dewasa menggantung dari tanaman merambat.

Meskipun sulit ditemukan, Monstera dubia relatif mudah dirawat. Berikut cara merawat tanaman Monstera dubia yang perlu Anda ketahui.

Meski Monstera dubia kurang umum daripada Monstera deliciosa dan Monstera adansonii, perawatannya hampir identik. Namun, Monstera dubia membutuhkan topangan untuk berkembang.


Karena daunnya sangat rata, banyak orang memilih untuk memasang Monstera dubia mereka di papan kayu polos atau dengan turus ijuk untuk memamerkan tanaman yang unik ini.

Pencahayaan

Di habitat aslinya, Monstera dubia tumbuh di bawah kanopi hutan di mana mereka menerima sinar matahari belang-belang sepanjang hari.

Artinya, mereka harus terkena cahaya tidak langsung yang terang saat ditanam di dalam ruangan. Hindari sinar matahari langsung dalam waktu lama karena dapat membakar daun tanaman muda.

Tanah

Monstera dubia tumbuh dengan baik dalam campuran pot yang longgar, lembap, tetapi dapat mengering dengan baik dengan banyak bahan organik. Media tanam khusus untuk aroid adalah yang terbaik untuk tanaman tropis ini.

Media tanam ini dapat dengan mudah dibuat di rumah dengan mencampurkan kulit anggrek, lumut gambut atau sabut kelapa, dan perlit. Media tanam ini sangat ideal untuk Monstera dubia karena longgar dan kaya bahan organik dan akan menahan jumlah air yang tepat tanpa menggenangi tanaman.

Hindari menggunakan tanah pot biasa untuk Monstera dubia dengan cara apa pun, karena kemungkinan akan terlalu padat dan mencekik sistem akar.

Penyiraman

Siram Monstera dubia saat beberapa inci media tanam kering. Pastikan Anda menyiram dengan baik dan membiarkan kelebihan air mengalir dari pot.

Monstera ini dapat mentolerir sedikit pengabaian ketika datang ke air dan mereka tidak akan mati jika tanah benar-benar kering sesekali, tetapi secara umum, jangan biarkan mengering terlalu sering.

Suhu dan kelembapan

Monstera dubia berasal dari hutan hujan tropis, yang berarti tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembap. Umumnya, suhu dan tingkat kelembapan rumah tangga biasa baik-baik saja untuk tanaman ini.

Pastikan saja Anda tidak menempatkan Monstera dubia di dekat jendela berangin atau ventilasi pemanas atau pendingin ruangan. 


Jika rumah Anda sangat kering, Anda mungkin perlu memberi Monstera dubia kelembapan tambahan. Daun melengkung dari totem atau ketika tep daun kering merupakan indikasi bahwa tanaman membutuhkan lebih banyak kelembapan.

Menempatkan nampan kerikil berisi air di bawah tanaman atau pelembap udara di dekatnya adalah pilihan yang bagus.

Pupuk

Tanaman aroid ini dianggap menyukai pemupukan teratur. Gunakan pupuk slow releass yang umum tiga kali setahun dan pupuk seimbang berkekuatan rendah sebulan sekali selama masa pertumbuhan untuk membantu mendorong pertumbuhan.

Memperbanyak Monstera dubia

Monstera dubia dapat dengan mudah diperbanyak melalui stek batang.

Proses ini sama dengan yang digunakan untuk menyebarkan monster lain seperti Monstera deliciosa atau Monstera adansonii, serta tanaman aroid merambat lainnya seperti sirih gading dan philodendron.

Pertama, potong batang tepat di bawah buku, lalu masukkan potongan baru ke dalam air sehingga batang dan bukunya terendam tetapi daunnya tidak. Tempatkan pemotongan di lokasi yang menerima cahaya terang tetapi tidak langsung.

Tunggu sampai akarnya kira-kira satu inci panjangnya sebelum memindahkan potongan dari air ke tanah, yang biasanya memakan waktu beberapa minggu.

Setelah mentransfer potongan ke media tanam aroid yang tebal, jaga agar tanah tetap lembap secara teratur selama beberapa minggu pertama untuk memastikan tanaman tidak mengalami syok.

Hama dan penyakit

Salah satu masalah paling umum yang dialami orang saat menanam Monstera dubia adalah busuk akar yang terjadi jika penyiraman tidak dilakukan dengan benar, atau jika Monstera ditanam di tanah yang terlalu padat dan menggenangi akar.

Pastikan Anda menggunakan media tanam yang longgar dan tebal untuk menghindari tanah yang terlalu basah.

Monstera dubia juga rentan terhadap dua hama utama, yakni tungau laba-laba merah dan sisik coklat, keduanya merupakan hama penghisap getah.

Pastikan bahwa Anda secara teratur memeriksa tanaman untuk hama sehingga Anda dapat menangkap infestasi lebih awal. Kedua hama ini dapat diobati dengan minyak mimba atau alkohol gosok yang disemprotkan ke area tanaman yang terkena.

Serangga sisik perlu dikeluarkan secara manual dari tanaman dengan kapas dan alkohol gosok karena ketika menempel pada batang, mereka sulit untuk dilepaskan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/13/173600876/cara-merawat-monstera-dubia-tanaman-hias-berdaun-unik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke