Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Jenis Tanaman Hidroponik yang Paling Cepat Panen

Hidroponik merupakan sistem teknologi dalam budidaya tanaman yang memanfaatkan air sebagai media tumbuhnya dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Tanaman hidroponik juga bisa cepat panen.

Dikutip dari kanal YouTube Kagaiya Channel, Jumat (30/7/2021), berikut ini tujuh jenis tanaman hidroponik yang paling cepat panen.  

Kangkung

Kangkung adalah salah satu pilihan tanaman hidroponik yang banyak disukai masyarakat Indonesia karena cepat panen dan mudah dirawat.

Waktu tercepat untuk panen kangkung adalah sejak umur 21- 30 hari, selanjutnya bertahap setiap lima hari. 

Bayam

Bayam merupakan salah satu dari beberapa jenis tanaman hidroponik yang mudah dirawat serta cepat panen.

Sama dengan kangkung, bayam juga cukup cepat dipanen. Panen bayam bisa dilakukan 25-30 hari setelah ditanam, kemudian bertahap lima hari sekali. 

Tomat

Hal yang penting diperhatikan saat menanam tomat secara hidroponik adalah kebutuhan intensitas cahaya yang lebih banyak.

Sayuran kaya manfaat ini bisa dipanen mulai usia sembilan minggu setelah tanam, selanjutnya setiap lima hari. 

Cabai

Penyuka pedas bisa menanam cabai di rumah karena waktu panen yang cukup singkat. Panen pertama cabai dimulai pada usia sembilan minggu setelah tanam dan selanjutnya setiap lima hari sekali.

Sawi

Sawi yang ditanam dari biji bisa dipanen setelah 40-60 hari, sedangkan sawi yang berasal dari bibit bisa dipanen 25-30 hari setelah ditanam. 

Kacang panjang

Saat ditanam secara hidroponik, basanya kacang panjang akan mulai berbunga pada hari ke-30. Kemudian 15 hari mendatang kacang panjang sudah siap dipanen. 

Timun

Sayur yang menjadi dambaan penggemar lalapan ini bisa dipanen 30 hari setelah tanam. Selanjutnya. panen bisa dilakukan setiap seminggu sekali.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/30/151000676/7-jenis-tanaman-hidroponik-yang-paling-cepat-panen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke