Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Manfaat Baking Soda dalam Membersihkan Peralatan Memasak

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci piring akan terasa sangat melelahkan apalagi kalau banyak noda membandel yang sulit hilang.

Seringkali noda seperti minyak dan karat sulit terangkat hanya dengan sabun cuci piring biasa. Jika masalah ini sering kamu alami, mungkin kamu bisa menambahkan baking soda saat mencuci piring.

Baking soda memiliki kandungan alami yang dapat mengangkat noda membandel lebih cepat dari pada sabun cuci piring biasa.

Jika kamu memiliki peralatan dapur dengan bau yang sulit hilang, kamu juga bisa menggunakan baking soda guna menetralisir baunya.

Melansir dari berbagai sumber, Sabtu (24/7/2021), berikut manfaat baking soda untuk mencuci piring.

1. Menghilangkan noda karat

Jika kamu menggunakan tempat cuci piring berbahan stainless steel kamu bisa menggunakan baking soda untuk membersihkannya.

Bahan baking soda yang abrasif dapat dengan mudah mengangkat kotoran pada bak cuci piring, terutama untuk noda karat.

Kamu bisa memberikan campuran baking soda dan air pada bak yang berkarat lalu sikat dengan lembut, bahan ini aman untuk bak cuci piring dan tidak akan merusak permukaannya.


2. Membersihkan peralatan dapur berbahan kayu

Bahan kayu seringkali kita temui pada peralatan dapur seperti talenan, spatula, sendok dan garpu.

Karena terbuat dari bahan alami, peralatan makan kayu biasanya mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

Kamu bisa menggunakan pasta baking soda untuk menghilangkan bakteri dan noda yang menempel pada kayu.

Gunakan sikat gigi bekas atau spons untuk menggosok permukaan peralatan dapur yang berbahan kayu. Setelah itu cuci peralatan dapur seperti biasanya menggunakan sabun cuci piring.

3. Membersihkan lemak dan minyak pada piring

Baking soda sangat ampuh digunakan untuk mengangkat kotoran pada piring. Seringkali noda minyak susah dibersihkan hanya dengan menggunakan sabun cuci piring, untuk itu kamu bisa menggunakan baking soda agar lebih cepat bersih.

Siapkan air hangat di baskom lalu tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring dan 1-3 sendok baking soda.

Campuran baking soda dan sabun dapat membuat noda terangkat dengan cepat ini juga akan menghemat waktumu dalam mencuci piring.

4. Menghilangkan noda teh dan kopi di cangkir

Jika kamu penikmat kopi atau teh di rumah, pasti kamu sering menemukan noda bekas kopi dan teh yang melingkar di cangkir teh ataupun gelas. Tentu ini dapat membuat tampilan gelas menjadi kotor dan sulit dibersihkan.

Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan cairan baking soda pada cangkir atau gelas. Tuang baking soda secukupnya lalu tambahkan air diamkan sebentar hingga noda memudar. Lalu gosok dengan spons atau sikat, noda teh dan kopi pun langsung lenyap seketika.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/24/202200676/4-manfaat-baking-soda-dalam-membersihkan-peralatan-memasak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke