Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 5 Cara Alami Mengobati Kutu pada Anjing

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu adalah gangguan yang dapat memengaruhi kesehatan anjing peliharaan Anda.

Terlepas dari di mana mereka tinggal, seperti apa kehidupan sehari-hari mereka atau apa ras mereka, banyak anjing yang menderita kutu. Hama kecil ini, yang gigitannya menimbulkan sensasi gatal, membuat anjing kesal tanpa henti, yang memicu anjing menggaruk tubuhnya tanpa henti.

Namun, menggaruk hanyalah puncak gunung es. Anjing yang alergi terhadap air liur kutu dapat mengembangkan kulit kemerahan, bekas dan bengkak, belum lagi lesi kulit dari menjilat terus-menerus.

Gigitan kutu juga dapat menyebabkan anemia, dan jika kutu tertelan, maka akan muncul serangan cacing pita.

Namun demikian, kini banyak produk pembasmi kutu anjing yang dijual di pasaran, baik produk kimia maupun alami.

Dilansir dari The Bark, Selasa (1/6/2021), berikut beberapa cara alami mengobati kutu pada anjing.

Cara menghilangkan kutu pada anjing

Tergantung di mana Anda tinggal, kutu mungkin menjadi masalah musiman atau sepanjang tahun. Umumnya, mereka adalah ancaman terbesar selama musim kemarau atau musim panas, ketika anjing menghabiskan lebih banyak waktu di luar.

Kutu sendiri sangat kecil dan bergerak cepat, jadi pemeriksaan visual sederhana tidak selalu cukup. Untuk mengetahui apakah anjing Anda memiliki kutu, periksa bintik hitam pada bulu dan kulitnya.

Anda juga bisa memeriksa bintik-bintik dengan menggosokkan tisu ke bulu anjing.

Berikut adalah beberapa cara alami mengobati kutu pada anjing.

1. Sisir kutu

Solusi yang terjangkau dan praktis, sisir kutu harus dimiliki oleh pemilik anjing yang mencari pembunuh kutu alami.


Sisir kutu hadir dalam berbagai ukuran, tetapi semuanya memiliki jarak gigi yang berdekatan untuk menghilangkan telur dan kutu dari bulu anjing.

Pastikan untuk mencelupkan sisir ke dalam air sabun setelah setiap kali melewati untuk membunuh telur dan kutu dewasa yang diambil sisir. Ini adalah langkah pertama yang bagus dalam perang melawan kutu.

Jika anjing Anda memiliki bulu yang pendek atau licin, Anda juga dapat menggunakan kain yang dicelupkan ke dalam air lemon alih-alih menggunakan sisir.

Pilihan lainnya adalah mengencerkan jus lemon dengan air dengan rasio 1: 2 dan menambahkan sedikit sampo hewan peliharaan.

3. Cuka apel

Tingkat pH cuka apel yang sedikit asam menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi kutu. Campurkan enam cangkir cuka sari apel dengan empat cangkir air (rasio 6: 4).

Kemudian, tambahkan sedikit garam, dan semprotkan campuran tersebut pada bulu dan perut anjing Anda, pastikan untuk menghindari matanya dan luka yang mungkin dia alami.

4. Minyak esensial

Meskipun minyak esensial dapat membasmi kutu, minyak esensial harus digunakan dengan hati-hati karena beberapa di antaranya berbahaya bagi anjing.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan sebelum memakai cara ini. Meskipun demikian, beberapa minyak esensial, termasuk rosemary, peppermint, dan tea tree yang sangat encer, adalah obat kutu yang sangat efektif.

Minyak nimba, yang berasal dari biji pohon nimba, yang berasal dari anak benua India, juga sangat efektif.

Minyak atsiri harus diencerkan dalam wadah sebelum disemprotkan atau dioleskan ke bulu anjing. Anda juga dapat menambahkannya ke sampo anjing.

5. Kerah atau kalung anjing

Encerkan dua hingga tiga tetes minyak esensial dalam satu hingga tiga sendok makan air dan oleskan beberapa tetes ke kalung atau kerah anjing.

Anda harus mengoleskan kembali campuran ini secara teratur. Minyak lavender atau cedar secara alami mengusir kutu, tetapi pastikan untuk mengujinya dengan anjing sebelum menggunakannya pada apa pun yang ada di lehernya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/01/120100576/simak-5-cara-alami-mengobati-kutu-pada-anjing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke