Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sabun Cuci Piring dan Daun Sirsak Bisa Atasi Daun Cabai Mengeriting

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika daun tanaman cabai berubah menjadi keriting, itu adalah salah satu permasalahan yang kerap terjadi dalam proses budidaya cabai. 

Penyebab daun tanaman cabai yang menjadi keriting paling umum disebabkan oleh serangan hama thrips, aphids, dan tungau atau kutu putih.

Serangan hama-hama tersebut membuat daun tanaman cabai menjadi keriting, karena segala macam zat pertumbuhan daun dihabisi oleh hama.

Saat daun tanaman cabai jadi keriting, hal itu membuat tanaman cabai mengalami kegagalan pertumbuhan dan pada akhirnya tidak bisa berbuah.

Apabila tanaman cabai mengalami daun keriting, maka ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, dan itu tidak sulit.

Dilihat dari kanal Youtube Rumah Petani TV, daun tanaman cabai keriting bisa diatasi hanya menggunakan kombinasi air sabun cuci piring dan daun sirsak.

Cara pembuatan dan pengaplikasian

Masukkan 1-2 liter air ke dalam ember yang telah dipersiapkan.

Potong daun sirsak menjadi kecil-kecil menggunakan gunting dan masukkan dalam air yang ada di ember. Aroma dari daun sirsak ini sangat pekat, sehingga tidak disukai oleh hama.

Masukkan 1 sendok makan sabun cuci piring cair ke dalam air yang telah dimasukkan daun sirsak. Aduk air sampai sabun larut merata dan diamkan selama 10 menit agar bahan-bahannya menyatu.

Ambil air larutan sabun cuci piring dan daun sirsak yang ada di ember dan masukkan ke dalam botol semprot tanaman.

Semprotkan ke tanaman cabai yang mengalami keriting daun. Penyemprotan ini bisa dilakukan dua kali sehari sampai tanaman cabai pulih kembali.

Untuk pencegahan, Anda bisa menyemprotkan air larutan sabun cuci piring dan daun sirsak seminggu sekali. Waktu terbaik melakukan penyemprotan adalah bisa di pagi atau sore hari.

Tidak hanya melakukan penyemprotan larutan sabun cuci piring dan daun sirsak. Saat daun tanaman cabai jadi keriting, Anda perlu melakukan perawatan-perawatan kecil seperti pemangkasan agar tanaman cabainya pulih kembali. 

Daun-daun tanaman cabai yang sudah mengeriting atau rusak bisa dibuang agar tidak menular ke daun yang lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/01/202400476/sabun-cuci-piring-dan-daun-sirsak-bisa-atasi-daun-cabai-mengeriting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke