Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lakukan Ini untuk Menjaga Kebersihan Talenan

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan peralatan dapur atau peralatan memasak penting untuk memastikan Anda sekeluarga tidak mengalami keracunan makanan.

Sebab, menurut NHS Direct, rata-rata talenan dapur memiliki sekitar 200 persen lebih banyak bakteri di atasnya daripada dudukan toilet.

Karena bakteri tidak terlihat, Anda mungkin tidak menyadari kontaminasi yang terjadi sehingga tidak mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Ini berarti talenan berisiko tinggi terkontaminasi tanpa Anda sadari.

Dilansir dari Good Housekeeping UK, Minggu (28/2/2021), ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan talenan di dapur.

Salah satunya adalah memiliki talenan dengan warna yang berbeda, satu untuk memotong daging dan satu lagi untuk memotong sayuran. Ini dilakukan untuk menghentikan kontaminasi.

Food Standards Agency (FSA) merekomendasikan kode warna talenan sesuai dengan apakah Anda menyiapkan makanan mentah atau siap makan, yang berarti setiap jenis makanan memiliki talenan khusus.

Namun, pada kenyataannya, hal itu tidak selalu terjadi di rumah yang sibuk.

Berikut beberapa tips untuk menjaga kebersihan talenan, sehingga Anda terhindar dari penyakit dan keracunan makanan.

Hal yang harus dilakukan

1. Balurkan minyak mineral ke talenan kayu secara teratur.

2. Bersihkan noda makanan pada talenan plastik dengan mengoleskan air lemon segar atau botolan ke atasnya dan biarkan semalaman.

3. Jaga agar tetap bebas noda dan higienis, selalu gosok talenan dengan air panas yang mengalir atau, lebih baik lagi, tuangkan air matang ke atasnya untuk mensterilkannya.

4. Gunakan disinfektan pada talenan yang digunakan digunakan untuk memotong daging mentah.


Hal yang harus dihindari

1. Jangan letakkan talenan kayu di mesin pencuci piring atau direndam dalam air panas, karena akan membuat talenan melengkung dan retak.

2. Jangan menyiapkan daging sapi, kambing atau unggas mentah di talenan yang sama dengan daging atau unggas yang dimasak atau buah atau sayuran tanpa mencucinya di antaranya.

3. Jangan mengeringkan talenan Anda dengan kain lap. Lebih baik menggunakan tisu dapur.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/28/201832376/lakukan-ini-untuk-menjaga-kebersihan-talenan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke