Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-770 Serangan Rusia ke Ukraina: Permintaan NATO ke Sekutu | Lonjakan Daftar Tentara

Kompas.com - 04/04/2024, 12:17 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-770 pada Rabu (3/4/2024), ditandai dengan lonjakan pendaftar dari Rusia untuk berperang di Ukraina.

Sementara itu, Ketua NATO Jens Stoltenberg meminta para sekutu menjamin pengiriman senjata secara jangka panjang ke Ukraina.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

Baca juga: Rusia Klaim Rebut 403 Km Persegi Wilayah Ukraina Tahun Ini

1. Orang Rusia yang daftar perang di Ukraina meningkat

Militer Rusia pada Rabu (3/4/2024) mengatakan, jumlah orang yang mendaftar untuk berperang di Ukraina melonjak sejak penembakan di konser Moskwa terjadi.

Kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan lebih dari 140 orang itu, tetapi Presiden Rusia Vladimir Putin terus menuding Ukraina sebagai dalangnya meski tak memaparkan bukti.

“Selama 1,5 minggu terakhir, titik perekrutan militer mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah orang yang ingin menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan Rusia untuk ikut andil dalam operasi militer khusus,” ujar Kemenhan Rusia.

Baca selengkapnya di sini.

2. NATO minta sekutu jamin bantuan senjata jangka panjang

Ketua NATO Jens Stoltenberg pada Rabu (3/4/2024) meminta para anggota aliansi pertahanan itu untuk menjamin pengiriman senjata secara jangka panjang ke Ukraina.

"Kebutuhan Ukraina mendesak," kata Stoltenberg dalam pertemuan para menteri luar negeri negara-negara anggota NATO di Brussels, Belgia.

“Setiap penundaan dalam pemberian dukungan berujung konsekuensi di medan perang saat ini. Jadi kita perlu mengubah dinamika dukungan kita,” lanjutnya.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Rusia Tunjuk Kepala Armada Laut Hitam Baru Usai Berulang Kali Diserang Ukraina

3. Rusia diajak bahas potensi perundingan perang Ukraina

Rusia pada Rabu (3/4/2024) mengeklaim bahwa Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Menhan Perancis Sebastien Lecornu membahas potensi perundingan mengenai konflik di Ukraina melalui telepon.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, percakapan telepon yang jarang terjadi dan tak terduga ini diprakarsai oleh Perancis, tetapi Paris membantahnya.

Hubungan Rusia-Perancis sekarang sangat tegang akibat perang di Ukraina, dan jika benar ada kontak tingkat tinggi antara kedua negara maka itu sangat jarang terjadi.

Baca selengkapnya di sini.

4. Paus Fransiskus beri penghormatan untuk tentara Ukraina

Paus Fransiskus pada Rabu (3/4/2024) memberikan penghormatan kepada seorang tentara Ukraina yang tewas dalam perang melawan Rusia.

Sambil mengangkat Alkitab untuk pemuda tersebut saat ibadah mingguannya, Paus berusia 87 tahun itu meminta jemaat mengheningkan cipta bagi para korban konflik.

“Anak laki-laki ini bernama Olexandre, Alexander, 23 tahun… dia meninggal di Adviika,” kota garis depan yang rusak parah di wilayah Donetsk, Ukraina timur.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Rusia Sita 70 Kg Bahan Peledak Selundupan dari Ukraina via Uni Eropa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com