Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-765 Serangan Rusia ke Ukraina: Kuleba ke India | Pemadaman Listrik Darurat

Kompas.com - 30/03/2024, 13:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-765 pada Jumat (29/3/2024), ditandai dengan berakhirnya kunjungan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di India.

Sementara itu, operator energi Ukraina harus memberlakukan pemadaman listrik darurat di sejumlah wilayah setelah diserang puluhan rudal dan drone Ukraina.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

Baca juga: Rusia Klaim Punya Bukti Pelaku Penembakan Konser Moskwa Terkait dengan Ukraina

1. Menlu Ukraina kunjungi India

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pada Jumat (29/3/2024) mengakhiri kunjungannya di India, negara sekutu tradisional Rusia.

India tidak secara eksplisit mengecam invasi Rusia ke Ukraina, tetapi juga menjalin hubungan keamanan yang lebih besar dengan Amerika Serikat (AS).

Menteri Luar Negeri India S Jaishankar mengatakan di media sosial, pembicaraan dengan Kuleba menegaskan kembali komitmen untuk memperkuat hubungan secara keseluruhan dengan Kyiv.

Baca selengkapnya di sini.

2. 99 rudal dan drone Rusia serang infrastruktur energi

Rusia menembakkan puluhan drone dan rudal ke infrastruktur energi Ukraina semalam, melukai sedikitnya enam orang dan memutus aliran listrik di beberapa wilayah, kata ofisial pada Jumat (29/3/2024).

Pasukan Moskwa meningkatkan serangan udara terhadap Ukraina dalam beberapa pekan terakhir, menargetkan fasilitas listrik sebagai respons meningkatnya serangan mematikan Ukraina di wilayah perbatasan Rusia.

Sebanyak sepuluh wilayah di Ukraina diserang, merusak infrastruktur penting, dan melukai sedikitnya enam orang, kata Kementerian Dalam Negeri Ukraina.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Rusia Ragu ISIS Serang Konser Moskwa: Pasti Ulah Ukraina Dibantu Barat

3. Ukraina berlakukan pemadaman listrik darurat

Ukraina pada Jumat (29/3/2024) memberlakukan pemadaman listrik darurat di beberapa wilayah setelah Rusia menembakkan puluhan rudal dan drone ke pembangkit listriknya semalaman.

Pasukan Moskwa meningkatkan pemboman udara terhadap Ukraina dalam beberapa pekan terakhir, menargetkan infrastruktur energi sebagai respons serangan mematikan Ukraina di wilayah perbatasan Rusia.

Operator jaringan listrik nasional Ukrenergo terpaksa menerapkan jadwal pemadaman darurat di wilayah Dnipropetrovsk, Zaporizhzhia, dan Kirovograd hingga malam hari.

Baca selengkapnya di sini.

4. Rusia unggul enam kali lipat di garis depan

Panglima tertinggi Ukraina Oleksandr Syrsky dalam wawancara yang diterbitkan para Jumat (29/3/2024) mengatakan, pasukan Rusia unggul enam kali lipat di garis depan sehingga pasukannya kehilangan posisi.

“Beberapa hari lalu, keunggulan musuh dalam hal amunisi yang ditembakkan adalah sekitar enam berbanding satu,” kata Syrsky kepada kantor berita Ukrinform.

“Pasukan pertahanan kini menjalankan tugas di sepanjang garis depan yang luas, dengan sedikit atau tanpa senjata dan amunisi,” ia memperingatkan, sambil mengatakan bahwa situasinya tegang di beberapa daerah.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com