Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-766 Serangan Rusia ke Ukraina: Evakuasi 5.000 Anak | Perancis Suplai Rudal

Kompas.com - 31/03/2024, 15:22 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-766 pada Sabtu (30/3/2024), ditandai dengan evakuasi 5.000 anak dari Belgorod.

Sementara itu, Perancis mengumumkan akan menyuplai ratusan kendaraan lapis baja dan rudal ke Ukraina.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

Baca juga: 99 Rudal dan Drone Rusia Serang Infrastruktur Energi Ukraina

1. Rusia evakuasi 5.000 anak dari Belgorod

Sebanyak 5.000 anak dievakuasi dari Belgorod, Rusia, yang berbatasan dengan Ukraina, kata gubernur wilayah tersebut yaitu Vyacheslav Gladkov, Sabtu (30/3/2024).

Pemerintah daerah pekan lalu mengatakan, 9.000 anak di bawah umur akan dipindahkan ke daerah lain setelah serangkaian penembakan lintas batas dan serangan drone Ukraina menewaskan belasan warga sipil.

“5.000 anak kami sudah berada di luar kawasan. Kemarin, 1.300 anak tiba di Saint Petersburg, Bryansk, dan Makhachkala,” kata Gladkov.

Baca selengkapnya di sini.

2. Perancis akan suplai rudal ke Ukraina

Menteri Pertahanan Perancis Sebastien Lecornu mengatakan, pihaknya akan mengirimkan ratusan kendaraan pengangkut personel lapis baja dan rudal anti-pesawat ke Ukraina untuk perang melawan Rusia.

“Untuk mempertahankan garis depan yang luas, tentara Ukraina misalnya membutuhkan kendaraan VAB kami: ini sangat penting untuk mobilitas pasukan,” kata Lecornu kepada surat kabar La Tribune dalam wawancara yang diterbitkan pada Sabtu (30/3/2024) malam.

Perancis saat ini tidak mengoperasikan armada VAB—beberapa di antaranya berusia lebih dari 40 tahun—dan menggantinya dengan kendaraan lapis baja Griffon yang baru, tetapi Lecornu mengatakan bahwa model lama masih bisa dipakai.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Ukraina Berlakukan Pemadaman Listrik Darurat Usai Diserang Rudal Rusia

3. Serangan Rusia tewaskan dua lansia

Ukraina pada Sabtu (30/3/2024) mengatakan, serangan Rusia pada malam dan pagi hari menewaskan dua lansia di Kota Krasnogorivka, Ukraina timur.

Pihak berwenang pun mendesak warga sipil yang masih tinggal di sana untuk mengungsi.

Krasnogorivka terletak tepat di garis depan wilayah Donetsk, Ukraina timur. Lebih dari separuhnya dikendalikan pasukan Rusia dan termasuk zona tempur aktif.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com