Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari ke-752 Serangan Rusia ke Ukraina: Evakuasi Massal Ukraina | Janji Jika Putin Menang Pilpres

Kompas.com - 17/03/2024, 07:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

KYIV, KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina kian tak berujung. Kutukan satu sama lain beserta caci-maki tak menyurutkan serangan.

Zelensky versus Putin berarti Barat versus poros Rusia.

Tanpa berpanjang-panjang, berikut rangkuman hari ke-752 serangan Rusia ke Ukraina Sabtu (16/4/2024), dilansir dari Al Jazeera.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-751 Serangan Rusia ke Ukraina: Saling Jatuhkan Drone | 20 Orang Tewas di Odesa

Zelensky Mengutuk Serangan Rudal Rusia

Presiden Ukraina Volodymr Zelensky mengutuk serangan rudal Rusia di kota pelabuhan Laut Hitam Odesa yang menewaskan sedikitnya 21 orang dan melukai 75 orang.

Zelenskyy mengatakan Rusia akan menerima tanggapan yang adil dari pasukan Ukraina atas apa yang disebutnya serangan keji terhadap sebuah kota yang telah diserang drone atau rudal Rusia hampir setiap hari pada bulan ini.

Evakuasi Massal Ukraina

Pihak berwenang Ukraina telah memulai evakuasi massal terhadap masyarakat di wilayah Sumy utara, dekat perbatasan Rusia, setelah penembakan intensif yang berlangsung lama di wilayah tersebut, kata pejabat setempat.

Baca juga: 10 WNI Dilaporkan Jadi Tentara Bayaran Ukraina, Kemlu RI Beri Pernyataan

Drone Ukraina Serang Kilang Minyak

Drone Ukraina menyerang dua kilang minyak milik raksasa minyak milik negara Rusia Rosneft di wilayah Samara, kata Gubernur Dmitry Azarov melalui Telegram.

Tidak ada korban jiwa namun kilang Syzran di wilayah sungai Volga terbakar, katanya, sementara serangan terhadap kilang Novokuibyshevsk digagalkan.

Janji Jika Putin Menang Pilpres

Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji akan menghukum Ukraina atas apa yang disebutnya sebagai penembakan pada hari pemilu yang menargetkan sasaran sipil di wilayah Rusia.

Baca juga: Rusia dan Ukraina Saling Jatuhkan Drone Saat Pemilu Dimulai

Warga Rusia memberikan suaranya dalam pemilu yang berakhir pada hari Minggu, dan Putin diperkirakan akan memenangkan masa jabatan kelima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com