Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-736 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Singgun Perang Nuklir | Macron Singgung Lagi Pengerahan Pasukan

Kompas.com - 01/03/2024, 14:13 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-736 pada Kamis (29/2/2024).

Ini termasuk, Presiden Vladimir Putin memperingatkan negara-negara Barat bahwa ada risiko perang nuklir jika mereka mengirim pasukan sendiri untuk berperang di Ukraina.

Sementara itu, Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan, semua komentarnya mengenai perang antara Ukraina dan Rusia telah dipikirkan dengan cermat.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-735 Serangan Rusia ke Ukraina: Penampakan UFO | Risiko Perang di Transnistria

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-736 yang dapat Anda simak:

Rusia hukum warga Ukraina 12 tahun penjara karena kasus mata-mata

Pengadilan di Bryansk, Rusia, pada Kamis menjatuhkan hukuman 12 tahun penjara kepada seorang pria Ukraina atas tuduhan spionase karena memberikan informasi militer kepada dinas rahasia Ukraina.

Rusia telah menangkap dan memenjarakan puluhan orang karena diduga bekerja sama dengan tentara Ukraina dan badan intelijen sejak negara itu melancarkan serangan militer skala penuh pada Februari 2022.

“Pengadilan menemukan bahwa terdakwa dilibatkan oleh badan intelijen Ukraina untuk mengumpulkan dan mentransfer informasi tentang keberadaan angkatan bersenjata Rusia di wilayah wilayah Bryansk,” kata pengadilan dalam sebuah pernyataan di Telegram, sebagaimana dikutip dari AFP.

Wilayah Bryansk sendiri terletak di seberang perbatasan dari Ukraina utara.

Kota ini telah menjadi lokasi beberapa serangan penembakan dan serangan pesawat tak berawak serta serangan lintas batas oleh milisi pro-Ukraina tahun lalu.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-734 Serangan Rusia ke Ukraina: Banyak Negara Konfirmasi Tak Akan Kirim Pasukan ke Ukraina

Putin peringatkan Barat risiko perang nuklir

Presiden Vladimir Putin pada Kamis memperingatkan negara-negara Barat bahwa ada risiko perang nuklir jika mereka mengirim pasukan sendiri untuk berperang di Ukraina.

Dia menekankan Moskwa memiliki senjata untuk menyerang sasaran di Barat.

Saat berpidato di hadapan parlemen dan anggota elite negara lainnya, Putin (71) mengulangi tuduhannya bahwa Barat bertekad melemahkan Rusia.

Ia menyatakan bahwa para pemimpin Barat pemimpin-pemimpin Barat tidak memahami betapa berbahayanya campur tangan mereka dalam apa yang ia gambarkan sebagai urusan internal Rusia.

Dia memulai peringatannya dengan merujuk secara spesifik pada sebuah ide yang diajukan oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron pada Senin, mengenai anggota NATO Eropa yang mengirim pasukan darat ke Ukraina.

Usulan tersebut segera ditolak oleh Amerika Serikat, Jerman, Inggris, dan negara-negara lainnya.

Halaman:
Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com