Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari ke-730 Serangan Rusia ke Ukraina: Kerugian Rusia 5X Lipat Ukraina | 95 Persen Nuklir Rusia Dimodernisasi

Kompas.com - 24/02/2024, 06:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Novinite

KYIV, KOMPAS.com - Sesumbar Zelensky dan tentu saja rival sepanjang masanya, Putin, masuk dalam rangkuman hari ke-730 serangan Rusia ke Ukraina, Jumat (23/2/2024).

Dilansir dari Novinite, berikut daftar selengkapnya.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-729 Serangan Rusia ke Ukraina: Niat Putin Mendominasi Ukraina | Sanksi Baru Uni Eropa

Zelensky: Kerugian Rusia 5 kali lebih banyak dari kami

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News, Presiden Zelensky mengatakan bahwa kerugian Ukraina jauh lebih kecil dibandingkan kerugian Rusia dan meminta bantuan amunisi jarak jauh.

Zelensky meminta Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan pemimpin Partai Republik Donald Trump untuk mengunjungi Ukraina dan melihat dengan mata kepala sendiri tragedi yang disebabkan oleh invasi Rusia, lapor Ukrinform.

"Sungguh brilian Ukraina. Kami memiliki negara yang luar biasa, tetapi selama perang gambaran dan kehidupannya berbeda," kata Zelensky dalam sebuah wawancara dengan jurnalis Bret Baier, seraya menambahkan bahwa para kandidat untuk kepresidenan AS harus datang dan melihat orang-orang, hanya untuk melihat mereka di jalanan.

Menanggapi pernyataan Trump di mana mantan presiden tersebut mengeklaim bahwa ia dapat mengakhiri perang dalam 24 jam, Zelensky mengatakan bahwa ia tidak dapat memahami bagaimana Trump akan mencapainya.

Menurut Zelensky, ia siap untuk menerima mantan presiden Amerika itu di garis depan, di mana Trump akan menjelaskan semuanya dan menjelaskan apa yang ada dalam pikirannya,

"Mungkin ia memiliki beberapa ide. Saya tidak tahu," ujar Zelensky.

Baca juga: IMF Bakal Kucurkan Dana Rp 13,7 Triliun untuk Ukraina

Rudal dan pesawat tak berawak di atas Odesa, satu orang tewas

Rudal dan pesawat tak berawak di atas Odesa. Setidaknya satu orang tewas. Objek-objek infrastruktur sipil terkena dampaknya.

Kebakaran terjadi di beberapa tempat. Menurut pemerintah setempat, semua layanan bekerja untuk memperbaiki kerusakan. Dalam serangan drone juga di Dnipro, sebuah bangunan tempat tinggal tertabrak. Ada tujuh orang yang terluka.

Presiden Zelensky bertemu dengan para diplomat dan kepala organisasi internasional. Pada malam peringatan dua tahun perang, ia berterima kasih kepada mereka atas dukungannya terhadap Kyiv dan memilih untuk tetap tinggal daripada meninggalkan negara itu.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News, Zelensky mengatakan bahwa korban Ukraina jauh lebih sedikit dibandingkan dengan korban Rusia dan meminta bantuan amunisi jarak jauh.

Putin: 95 persen kekuatan nuklir Rusia telah dimodernisasi

Presiden Rusia Vladimir Putin hari ini mengatakan bahwa 95 persen kekuatan nuklir strategis Rusia telah dimodernisasi.

Dia juga mengatakan bahwa angkatan udaranya baru-baru ini telah menugaskan empat pesawat pengebom supersonik baru yang mampu mengirim senjata nuklir, demikian Reuters melaporkan.

Baca juga: BBC dan Mediazona Sebut 45.123 Tentara Rusia Tewas di Ukraina

Putin membuat komentar tersebut sebagai bagian dari pernyataan resmi yang bertepatan dengan Hari Pembela Tanah Air tahunan Rusia, yang didedikasikan untuk militer, sehari setelah menerbangkan pesawat pengebom strategis Tu-160M yang telah dimodernisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Novinite

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com