Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima Militer Baru Ukraina Kunjungi Garis Depan di Avdiivka, Sebut Situasi Genting

Kompas.com - 14/02/2024, 21:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

AVDIIVKA, KOMPAS.com - Panglima militer Ukraina yang baru, Oleksandr Syrsky, pada Rabu (14/2/2024) mengunjungi garis depan di kota industri Avdiivka dan menyebut situasinya genting.

Kunjungan Syrsky terjadi saat dirinya bersama Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov mengunjungi Ukraina timur.

Rusia beberapa bulan terakhir berusaha merebut Avdiivka di Ukraina timur, dan mengeklaim terus maju di pertempuran yang memakan banyak korban jiwa itu.

Baca juga: Ukraina Hancurkan Kapal Perang Rusia Lagi di Laut Hitam

“Lingkungan operasional sangat kompleks dan penuh tekanan. Penjajah Rusia terus meningkatkan upaya mereka dan unggul jumlah personel,” kata Syrsky di media sosial, dikutip dari kantor berita AFP.

“Kami melakukan segala kemungkinan untuk mencegah musuh masuk jauh ke wilayah kami dan mempertahankan posisi yang diduduki,” tambahnya.

Avdiivka terletak di Donetsk, Ukraina timur, yang merupakan wilayah pertempuran terberat selama hampir dua tahun invasi Rusia.

Kremlin juga mengeklaim Donetsk sebagai bagian dari Rusia.

Baca juga:

Syrsky dan Umerov juga mendatangi pasukan Ukraina lebih jauh ke utara, dekat kota Kupiansk, lokasi Rusia menekan posisi pasukan Kyiv.

"Berdasarkan hasil kerja, sejumlah keputusan penting diambil yang bertujuan memperkuat kemampuan tempur unit militer kita dan mencegah tindakan musuh," kata Syrsky, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Baca juga: Putin ke AS: Jika Ingin Perang Selesai, Hentikan Pasok Senjata ke Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com