Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Warga Ukraina Tewas akibat Serangan Drone Rusia, 3 Korban Masih Anak-anak

Kompas.com - 10/02/2024, 13:51 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAs.com - Drone Rusia menyerang sebuah pom bensin di Kota Kharkiv di Ukraina timur, Sabtu (10/2/2024). Akibatnya, ada tujuh korban tewas, termasuk tiga diantaranya anak-anak.

"Sayangnya jumlah korban tewas akibat serangan Rusia di Kharkiv telah meningkat menjadi tujuh orang," kata Oleg Synegubov, Gubernur setempat di media sosial Telegram.

"Di antara korban tewas itu ada tiga anak yakni berusia 7, 4 tahun dan seorang bayi berusia sekitar enam bulan," imbuh dia, dikutip dari AFP.

Baca juga: Rusia Tembak Jatuh 19 Drone Ukraina yang Menyasar Infrastruktur

Dikatakan, dampak dari serangan itu ialah rumah-rumah di dekatnya terkena semburan api dari BBM yang terbakar sehingga memaksa sedikitnya 50 orang mengungsi, kata Wali Kota Kharkiv Igor Terekhov sebelumnya.

Ia juga menjelaskan bahwa drone yang digunakan Rusia ialah Syahed (pesawat tak berawak buatan Iran).

Drone itu menghantam sebuah pompa bensin hingga menyebabkan BBM yang terbakar tumpah dan 14 rumah pribadi di sekitarnya ikut terbakar.

Tak lama kemudian api terus berkobar hingga ke wilayah yang lebih luas.

Jaksa wilayah Kharkiv Oleksandr Filachkov mengatakan tiga drone menyerang distrik Nemyshlyanskyi di Kharkiv.

"Akibatnya, sebuah objek infrastruktur penting hancur. Bahan bakarnya banyak, itulah sebabnya akibat kebakaran itu cukup parah," ujarnya mengacu pada SPBU.

Baca juga: Hari Ini, Rombongan Turis Pertama asal Rusia Tiba di Korut

Serangan hari Sabtu ini menyusul serangkaian serangan malam hari di Kharkiv dan sebuah desa lain yang ada di sebelah timur Kharkiv.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com