Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Kuat Mengguncang Hawaii, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 10/02/2024, 06:09 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

HONOLULU, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Hawaii pada Jumat (9/2/2024). Namun, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa tersebut melanda dekat Pahala di pulau utama Hawaii, dengan pusat gempa terletak sekitar 37 kilometer di bawah permukaan bumi.

Dikutip dari AFP pada Sabtu (10/2/2024) pagi, gempa itu terasa di seluruh pulau utama. Hal itu diungkapkan banyak orang kepada USGS.

Baca juga: Gunung Kilauea di Hawaii Meletus Lagi, Lava Menyembur Setinggi 24 Meter

USGS menyatakan bahwa dimungkinkan ada korban atau kerusakan akibat gempa yang terjadi di Hawaii tersebut.

Diketahui, Hawaii adalah bagian permukaan bumi yang aktif secara seismik meskipun berada di tengah lempeng tektonik yang sangat besar.

Di Hawaii juga menjadi rumah bagi enam gunung berapi aktif termasuk Kilauea, yang dapat memikat wisatawan dengan menaiki helikopter untuk melihat pertunjukan panasnya di Pulau Besar Hawaii.

Ini juga merupakan lokasi Mauna Loa, gunung berapi terbesar di dunia, yang selama berminggu-minggu pada 2022 meletus untuk pertama kalinya dalam empat dekade.

Di gunung berapi itu juga mengeluarkan air mancur lava setinggi 60 meter dan aliran lava di sekitarnya.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Kondisi Raja Charles III | Tindakan Israel di Gaza Berlebihan

Hawaii adalah satu-satunya negara bagian di AS yang terpisah dari benua Amerika dan berupa kepulauan sekaligus masuk kawasan Oseania.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com