Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Warisan, Perempuan Ini Ingin Bagi-bagi Rp 425 Miliar

Kompas.com - 19/01/2024, 10:22 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber BBC

WINA, KOMPAS.com - Seorang perempuan di Austria berencana membagikan uang warisan yang ia peroleh dari neneknya. Nilainya fantastis, yakni mencapai 25 juta euro (sekitar Rp 425,3 miliar).

Perempuan itu bernama Marlene Engelhorn, yang masih berusia 31 tahun dan tinggal di ibu kota Wina.

Ia ingin 50 warga Austria bisa membantunya untuk menentukan bagaimana uang itu harus didistribusikan.

Baca juga: Tertangkap Kamera, Perempuan Ini Curi Perhiasan 131,75 Gram di Toko Emas

"Saya mewarisi kekayaan, dan juga kekuasaan, tanpa melakukan apa pun untuk itu. Negara bahkan tidak menginginkan pajak atas hal itu," ucapnya, sebagaimana diberitakan BBC News pada Rabu (10/1/2024).

Austria diketahui telah menghapuskan pajak warisan pada 2008, salah satu dari segelintir negara Eropa yang tidak memberlakukan pajak warisan atau pajak kematian.

Engelhorn sendiri menganggap itu tidak adil.

Ia adalah keturunan Friedrich Engelhorn, pendiri perusahaan kimia dan farmasi Jerman, BASF, dan mewarisi jutaan dollar ketika neneknya meninggal pada September 2022.

Kekayaan Traudl Engelhorn-Vechiatto diperkirakan oleh majalah AS Forbes mencapai 3,8 miliar euro (Rp 64,4 triliun).

Sebagaimana dilaporkan BBC News, pada Rabu pekan lalu, sebanyak 10.000 undangan yang menargetkan warga negara Austria yang dipilih secara acak mulai berdatangan ke kotak surat di Austria.

Mereka yang ingin mengambil bagian dalam inisiatif Engelhorn, yang dikenal sebagai Good Council for Redistribution, dapat mendaftar secara online atau melalui telepon.

Dari sampel awal sebanyak 10.000 warga Austria yang berusia di atas 16 tahun, 50 orang akan dipilih, dengan 15 anggota pengganti yang juga akan dipilih jika ada yang mengundurkan diri.

Baca juga: Perempuan Ini Tak Sengaja Beri Tip Rp 108 Juta saat Pesan Makanan Seharga Rp 100.000

"Jika para politisi tidak melakukan tugasnya dan melakukan redistribusi, saya sendiri yang harus mendistribusikan kekayaan saya," jelasnya dalam pernyataannya.

"Banyak orang berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan pekerjaan penuh waktu, dan membayar pajak untuk setiap euro yang mereka hasilkan dari pekerjaan. Saya melihat ini sebagai kegagalan politik, dan jika politik gagal, warga harus menghadapinya sendiri," tambahnya.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan warisan dari Engelhorn?

Memilih 50 orang untuk membagikan warisan

Direktur Pelaksana Foresight Institute yang mendukung inisiatif ini, Christoph Hofinger, menjelaskan bahwa prosedur pembagian uang warisan milik Engelhorn belum ditentukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com