Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Rusia Klaim Maju Pesat di Wilayah Zaporizhzhia Ukraina

Kompas.com - 12/12/2023, 19:34 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NOVOPOKROVKA, KOMPAS.com - Pasukan Rusia pada Selasa (12/12/2023) mengeklaim kemajuan pesat di sekitar desa Novopokrovka, wilayah Zaporizhzhia, Ukraina.

Serangan Rusia berlanjut ke musim dingin tahun ini setelah perang pecah sejak Februari 2022, tetapi garis depan pertempuran hampir tidak bergeswr di Ukraina timur dan selatan.

“Unit kami maju secara signifikan ke arah timur laut Novopokrovka,” kata Yevgeny Balitsky, kepala wilayah Zaporizhzhia yang diduduki Rusia, melalui Telegram, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Inggris Akan Kirim Kapal Pemburu Ranjau ke Ukraina, Ini Fungsinya

Novopokrovka terletak sekitar 20 kilometer sebelah timur Robotyne, yang menurut Kyiv direbut kembali pada musim panas tetapi sejak itu sulit dipertahankan.

Balitsky menambahkan, pasukan Rusia tak hanya mempertahankan garis pertahanan tetapi juga secara bertahap bergerak maju.

Adapun tentara Ukraina pada Selasa (12/12/2023) melaporkan serangan Rusia di sepanjang garis depan, termasuk di selatan.

“Di wilayah Zaporizhzhia, pasukan pertahanan berhasil menghalau tiga serangan musuh di wilayah utara Pryutne dan barat Novopokrovka di wilayah Zaporizhzhia,” katanya dalam laporan hariannya.

Baca juga:

Kemajuan Rusia semakin menyulitkan kendali Ukraina atas Robotyne karena pasukan Moskwa menguasai wilayah di barat, selatan, dan timur desa tersebut.

Perebutan kembali Robotyne, desa kecil di selatan Ukraina, pada Agustus 2023 disebut-sebut sebagai keberhasilan serangan balasan Kyiv.

Namun, upaya Ukraina mendapatkan kembali wilayah-wilayah yang direbut Rusia berjalan lebih lambat dari perkiraan.

Rusia menguasai mayoritas Zaporizhzhia sejak perang dimulai tahun lalu tetapi pusat regional utamanya masih dikendalikan Ukraina.

Baca juga: Penyebab AS Kehabisan Uang untuk Bantu Ukraina Perang Lawan Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com