Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasukan Rusia Klaim Maju Pesat di Wilayah Zaporizhzhia Ukraina

Serangan Rusia berlanjut ke musim dingin tahun ini setelah perang pecah sejak Februari 2022, tetapi garis depan pertempuran hampir tidak bergeswr di Ukraina timur dan selatan.

“Unit kami maju secara signifikan ke arah timur laut Novopokrovka,” kata Yevgeny Balitsky, kepala wilayah Zaporizhzhia yang diduduki Rusia, melalui Telegram, dikutip dari kantor berita AFP.

Novopokrovka terletak sekitar 20 kilometer sebelah timur Robotyne, yang menurut Kyiv direbut kembali pada musim panas tetapi sejak itu sulit dipertahankan.

Balitsky menambahkan, pasukan Rusia tak hanya mempertahankan garis pertahanan tetapi juga secara bertahap bergerak maju.

Adapun tentara Ukraina pada Selasa (12/12/2023) melaporkan serangan Rusia di sepanjang garis depan, termasuk di selatan.

“Di wilayah Zaporizhzhia, pasukan pertahanan berhasil menghalau tiga serangan musuh di wilayah utara Pryutne dan barat Novopokrovka di wilayah Zaporizhzhia,” katanya dalam laporan hariannya.

  • Kata Zelensky jika AS Tak Lagi Bantu Ukraina karena Kehabisan Uang
  • Zelensky Minta AS Lanjutkan Bantuan Perang untuk Ukraina
  • Pejabat AS Tak Satu Suara soal Bantuan untuk Perang Ukraina

Kemajuan Rusia semakin menyulitkan kendali Ukraina atas Robotyne karena pasukan Moskwa menguasai wilayah di barat, selatan, dan timur desa tersebut.

Perebutan kembali Robotyne, desa kecil di selatan Ukraina, pada Agustus 2023 disebut-sebut sebagai keberhasilan serangan balasan Kyiv.

Namun, upaya Ukraina mendapatkan kembali wilayah-wilayah yang direbut Rusia berjalan lebih lambat dari perkiraan.

Rusia menguasai mayoritas Zaporizhzhia sejak perang dimulai tahun lalu tetapi pusat regional utamanya masih dikendalikan Ukraina.

https://www.kompas.com/global/read/2023/12/12/193400870/pasukan-rusia-klaim-maju-pesat-di-wilayah-zaporizhzhia-ukraina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke