Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

41 Pekerja yang Terjebak 17 Hari di Terowongan India Akhirnya Berhasil Diselamatkan

Kompas.com - 29/11/2023, 07:14 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

SILKYARA, KOMPAS.com - Sebanyak 41 pekerja yang telah terjebak selama 17 hari di terowongan India akhirnya berhasil diselamatkan pada Selasa (28/11/2023).

Dengan senyum berseri-seri, para pekerja yang berhasil diselamatkan ini disambut bak pahlawan.

Mereka berhasil dikeluarkan dari terowongan melalui pipa baja setinggi 57 meter dengan tandu yang secara khusus dilengkapi roda.

Baca juga: 5 Meter Menuju Penyelamatan 41 Pekerja yang Terjebak di Terowongan India

Para pekerja tersebut terjebak di terowongan yang sedang dalam proses pembangunan di negara bagian Uttarakhand, Himalaya itu sejak 12 November. Mereka terperangkap setelah sebagian terowongan runtuh. 

Sebelumnya, harapan untuk bisa menjangkau para pekerja itu sempat berulang kali pupus oleh puing-puing yang berjatuhan dan rusaknya beberapa mesin bor.

"Kami berterima kasih kepada Tuhan dan tim penyelamat yang bekerja keras untuk menyelamatkan mereka," kata Naiyer Ahmad, yang adik laki-lakinya, Sabah Ahmad, termasuk di antara para pekerja yang terperangkap.

Istri Sabah, Musarrat Jahan, mengaku sempat menunggu dengan putus asa ketika tim penyelamat mencoba mengeluarkan para pekerja India dari terowongan. 

"Kami sangat senang, tidak ada kata-kata yang dapat menjelaskannya," ucap Musarrat Jahan kepada AFP.

Setelah suaminya berhasil diselamatkan, ia merasa mendapatkan kehidupan baru.

"Tidak hanya suami saya yang mendapatkan kehidupan baru, kami juga mendapatkan kehidupan baru. Kami tidak akan pernah melupakannya," jelasnya.

Baca juga: Tinggal 14 Meter Lagi, Tim Penyelamat Capai 41 Pekerja India yang Terjebak di Terowongan

Sekarang untuk merayakannya

Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi mengatakan kepada para pekerja dalam sebuah pernyataan, bahwa keberanian dan kesabaran mereka telah menginspirasi banyak orang.

Kepala Menteri Negara Bagian Uttarakhand, Pushkar Singh Dhami, juga memuji kesabaran para pekerja.

"Kesabaran, kerja keras dan keyakinan telah menang," ucapnya.

Ia juga berterima kasih atas doa-doa dari puluhan juta warga negara India dan kerja keras tak kenal lelah dari semua tim penyelamat.

"Kesehatan para pekerja baik-baik saja, dengan tim medis di rumah sakit lapangan yang memeriksa mereka segera setelah mereka dibawa keluar," tambah Dhami.

Guriya Devi, istri dari pekerja yang berhasil diselamatkan, Sushil Kumar, mengatakan bahwa ia terus berdoa sejak terowongan itu runtuh.

"Kami melewati masa-masa yang mengerikan, dan terkadang kami kehilangan harapan - tetapi pada akhirnya tiba saatnya untuk merayakannya," ucap dia.

Munnilal Kishku, ayah dari pekerja yang dibebaskan, Birendar Kishku, mengatakan bahwa mereka belum merayakan Diwali, festival cahaya Hindu, karena perayaan ini berlangsung pada saat yang sama dengan runtuhnya terowongan.

"Kami akan merayakannya ketika dia sampai di desa," katanya.

Baca juga: Kamera Tangkap Gambar 41 Pekerja India yang Terjebak di Terowongan Masih Hidup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com