Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus atas Perang Hamas-Israel: Hentikan, Hentikan!

Kompas.com - 22/10/2023, 19:24 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Fransiskus pada Minggu (22/10/2023) memohon diakhirinya perang Hamas-Israel di tengah kekhawatiran akan meluasnya konflik tersebut.

"Perang selalu merupakan kekalahan, itu adalah penghancuran persaudaraan manusia. Saudara-saudara, hentikan! Hentikan!" kata Fransiskus setelah doa Angelus di Lapangan Santo Petrus Roma.

Dia juga menyerukan agar lebih banyak bantuan kemanusiaan diizinkan masuk ke Jalur Gaza.

Baca juga: Paus Fransiskus Serukan Penyediaan Koridor Kemanusiaan bagi Warga Gaza

"Saya memperbarui seruan saya agar ruang-ruang dibuka, agar bantuan kemanusiaan terus berdatangan dan agar para sandera dibebaskan," kata Paus berusia 86 tahun itu, sebagaimana dikutip dari AFP.

Kelompok Hamas seperti diketahui telah menyerbu masuk ke Israel dari Jalur Gaza pada 7 Oktober lalu, menewaskan sedikitnya 1.400 orang.

Sementara, kampanye pengeboman Israel sebagai pembalasan telah menewaskan lebih dari 4.600 warga Palestina, terutama warga sipil di Jalur Gaza, menurut Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas.

Serangan Israel juga telah membuat sebagian besar wilayah Gaza yang padat penduduknya menjadi reruntuhan yang membara.

Kekhawatiran lantas kini semakin meningkat tentang terjadinya krisis kemanusiaan di Gaza, di mana Israel telah memutus aliran air, makanan, dan listrik.

Baca juga: Paus Fransiskus: Barat Tak Boleh Main-main dengan Ukraina

Sejumlah bantuan pertama memang memasuki Jalur Gaza yang terkepung pada Sabtu (21/10/2023). Namun, para pejabat PBB mengatakan bahwa 20 truk yang diizinkan untuk menyeberang tidak cukup mengingat situasi kemanusiaan yang "sangat buruk" bagi 2,4 juta orang.

Sementara dua sandera AS sudah dibebaskan hari Jumat (20/10/2023), lebih dari 200 orang yang diculik oleh Hamas masih ditahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com