Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan untuk Korban Perang Israel-Hamas di Gaza Masuki Perbatasan Rafah

Kompas.com - 21/10/2023, 18:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

RAFAH, KOMPAS.com - Gelombang pertama konvoi bantuan kemanusiaan untuk warga di Jalur Gaza memasuki perbatasan Rafah di Mesir pada Sabtu (21/10/2023).

PBB mengatakan, konvoi 20 truk ini termasuk bantuan untuk Bulan Sabit Merah Palestina.

Kemudian menurut kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza, pengiriman ini termasuk obat-obatan dan makanan dalam jumlah terbatas.

Baca juga: Bantuan untuk Gaza Tertahan di Mesir Setelah Penyeberangan Rafah Ditutup

Rafah adalah jalur utama keluar-masuk Jalur Gaza yang tidak dikuasai Israel. Perbatasan ini menjadi fokus penyaluran bantuan kepada 2,3 juta penduduk Gaza.

Menurut data PBB, setidaknya dibutuhkan 100 truk setiap hari untuk memenuhi kebutuhan mendesak di Gaza. Setiap pengiriman bantuan harus berkelanjutan dan dalam skala besar.

Sebelum pecahnya perang Hamas vs Israel terbaru sejak Sabtu (7/10/2023), rata-rata sekitar 450 truk bantuan tiba di Gaza setiap harinya.

Baca juga:

“Situasi kemanusiaan di Gaza--yang sudah genting--kini mencapai tingkat bencana,” kata kepala kemanusiaan PBB Martin Griffiths, dikutip dari Reuters.

“Saya yakin pengiriman ini akan menjadi awal dari upaya berkelanjutan untuk menyediakan pasokan penting termasuk makanan, air, obat-obatan, dan bahan bakar,” imbuhnya.

Israel memberlakukan blokade total dan melancarkan serangan udara ke Gaza sebagai tanggapan serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Tak lama setelahnya, penyeberangan Rafah tidak beroperasi dan pemboman di sisi Gaza merusak jalan-jalan serta bangunan-bangunan.

Baca juga: Sekjen PBB Kunjungi Perbatasan Rafah, Dorong Bantuan Segera Masuk Gaza

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com