Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO: Bantuan Siap Disalurkan ke Gaza meski Serangan Israel Belum Berhenti

Kompas.com - 20/10/2023, 11:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

YERUSALEM, KOMPAS.com - Lima truk pasokan medis telah siap di perbatasan antara Gaza dan Mesir, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pasokan medis siap disalurkan di tengah peringatan akan terjadinya bencana kemanusiaan di wilayah Palestina yang terkepung.

“Truk kami sudah terisi dan siap berangkat,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers, dilansir dari Reuters.

Baca juga: Rusia Kirim 27 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Dia berharap perbekalan bisa segera dikirim setelah penyeberangan Rafah dibuka.

“Mudah-mudahan besok," ujarnya.

Media yang terkait dengan Pemerintah Mesir melaporkan pada Jumat (20/10/2023) bahwa penyeberangan Rafah akan dibuka pada hari Jumat.

Presiden AS Joe Biden mengumumkan kesepakatan dengan Israel dan Mesir untuk mengizinkan bantuan masuk ke Gaza setelah apa yang disebutnya sebagai pembicaraan blak-blakan dengan para pemimpin kedua negara.

Israel menyetujui perjanjian itu sambil melanjutkan kampanye militernya.

Pengiriman bantuan tersebut diharapkan menjadi yang pertama setelah Israel mengatakan akan menerapkan blokade total terhadap Jalur Gaza yang terkepung dan merupakan rumah bagi 2,3 juta orang.

Blokade memotong pasokan listrik dan menghentikan aliran makanan dan bahan bakar, sebagai respons terhadap krisis yang terjadi di Jalur Gaza.

Baca juga: Bintang Liverpool Mohamed Salah Serukan Diakhirinya Kekerasan di Gaza

Israel telah membombardir Gaza tanpa henti sejak serangan Hamas, menewaskan lebih dari 3.700 orang dan melukai ribuan lainnya, menurut para pejabat Palestina.

"Air adalah masalah hidup dan mati bagi Gaza setelah pengepungan Israel," kata PBB.

Baca juga: Apakah Agresi Besar-besaran Israel di Gaza Melanggar Hukum Internasional?

PBB telah memperingatkan adanya bencana kemanusiaan di Gaza di mana lebih dari separuh penduduknya hidup dalam kemiskinan di tengah blokade selama 16 tahun yang diberlakukan oleh Israel dan Mesir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com