Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Angkatan Laut Rusia Dirudal | Menteri China Hilang Misterius Lagi

Kompas.com - 23/09/2023, 05:44 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Berita serangan rudal Ukraina menghantam markas besar armada Laut Hitam Rusia di Crimea yang dianeksasai memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada kabar Amerika Serikat (AS) menghidupkan kembali program mata-mata kapal selam canggih era perang dingin.

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni terkait hilangnya Menteri China lagi secara misterius.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Presiden El Salvador Tak Peduli Kritik Babat Geng Kriminal | Singapura Waspadai Malware M-Banking

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Jumat (22/9/2023) hingga Sabtu (23/9/2023) pagi yang dapat Anda simak:

1. Markas besar armada telah dihantam serangan rudal musuh

Serangan rudal Ukraina menghantam markas besar armada Laut Hitam Rusia di Crimea yang dianeksasi pada Jumat (22/9/2023).

Ukraina telah menargetkan Crimea semenjak Rusia melakukan invasi pada 22 Februari 2022 lalu.

Tetapi, serangan terhadap instalasi militer di sana baru-baru ini meningkat ketika Kyiv bersumpah untuk merebut kembali semenanjung yang dianeksasi Moskwa pada tahun 2014 tersebut. 

Baca selengkapnya di sini

2. AS Hidupkan Kembali Program Mata-mata Kapal Selam Canggih Era Perang Dingin

Di sebuah pulau berangin, 50 mil sebelah utara Seattle, terdapat stasiun pemantauan Angkatan Laut AS.

Selama bertahun-tahun, mereka sibuk melacak pergerakan paus dan mengukur kenaikan suhu laut.

Oktober lalu, Angkatan Laut memberi nama baru pada unit tersebut yang lebih mencerminkan misinya saat ini: Komando Pengawasan Bawah Laut Teater.

Penggantian nama stasiun mata-mata di fasilitas Pulau Whidbey merupakan sebuah pengakuan terhadap proyek militer AS yang jauh lebih besar, menurut tiga orang yang mengetahui langsung rencana itu pada Reuters, yakni melakukan rekonstruksi terbesar program mata-mata anti-kapal selam Amerika sejak berakhirnya Perang Dingin.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Perkampungan Ilegal WNI di Malaysia | Penelitian Jasad Alien di Meksiko

3. Lagi, Menteri China Hilang Misterius, Kini Giliran Menhan Li Shangfu

Menteri China hilang misterius lagi. Pada Juli lalu, publik dunia dibuat bertanya-tanya tentang keberadaan Menteri Luar Negeri (Menlu) China Qing Gang yang entah di mana.

Kini giliran Menteri Pertahanan China Li Shangfu yang tidak diketahui keberadaannya secara pasti. Ini menjadi kasus terbaru seorang pejabat senior dalam rombongan Presiden Xi Jinping menghilang secara misterius.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com