Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari ke-528 Serangan Rusia ke Ukraina: Pertempuran Sengit Bakhmut | Ledakan Dekat Jembatan Crimea

Kompas.com - 06/08/2023, 07:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

KYIV, KOMPAS.com - Pertempuran yang sangat sengit sedang berlangsung di kota Bakhmut.

Hal itu jadi kabar pembuka rangkuman hari ke-528 serangan Rusia ke Ukraina pada Sabtu (5/8/2023).

Dilansir dari Guardian, berikut rangkuman selengkapnya.

Baca juga: Paus Fransiskus Berdoa untuk Ukraina di Kuil Portugal, Sempat Lewatkan Teks Sambutan

SITUASI PERANG

- Pertempuran yang sangat sengit sedang berlangsung di kota Bakhmut, Ukraina timur yang telah lama diperebutkan, kata wakil menteri pertahanan, Hanna Maliar, dengan pasukan Ukraina maju perlahan tapi pasti ke selatan kota sambil mengamankan kendali atas posisi-posisi di sebelah utaranya.

- Penduduk wilayah Crimea yang diduduki Rusia melaporkan sebuah ledakan di dekat jembatan yang menghubungkan semenanjung tersebut dengan daratan Rusia pada hari Sabtu (5/8/2023) pagi, namun seorang pejabat yang ditunjuk oleh Rusia di wilayah tersebut membantah bahwa jembatan tersebut telah diserang.

- Sebuah kapal pendaratan Rusia ditabrak dan dilumpuhkan di pelabuhan Novorossiysk di Laut Hitam oleh kapal tak berawak Ukraina, yang dikenal sebagai pesawat tak berawak, kata Kyiv.

- Rekaman kamera di dalam kapal tampaknya mengonfirmasi keberhasilan serangan malam hari terhadap kapal tersebut. Gambar kapal perang Rusia yang miring ke sisinya muncul tak lama setelah serangan dan rekaman yang diterbitkan oleh kantor berita Unian dari kepala drone laut tampak menunjukkan kapal itu bergerak diam-diam melintasi Laut Hitam menuju kapal tersebut dan menabraknya di bagian tengah.

- Bank AS JP Morgan minggu ini berhenti memproses pembayaran untuk Bank Pertanian Rusia, Rusia mengatakan pada hari Jumat (4/8/2023). JP Morgan telah menangani beberapa pembayaran ekspor biji-bijian Rusia selama beberapa bulan terakhir dengan jaminan dari Washington. Namun, kerja sama tersebut dihentikan minggu ini.

- Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, mengunjungi sebuah zona tempur di Ukraina untuk menginspeksi sebuah pos komando dan bertemu dengan para perwira militer senior, demikian ungkap pihak militer pada hari Jumat.

Baca juga: Kapal Tanker Rusia Rusak Dihantam Drone Ukraina di Selat Kerch

DIPLOMASI

- Di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia di Ukraina selatan, pengawas nuklir PBB mengatakan bahwa mereka akhirnya diberikan akses yang diminta sebulan yang lalu dan bahwa mereka tidak menemukan bahan peledak setelah adanya klaim ranjau yang ditanam di sekitar infrastruktur.

- Sebuah pengadilan di Rusia telah memperpanjang hukuman penjara Alexei Navalny selama 19 tahun dan menjatuhkan hukuman penjara khusus dengan kondisi penjara yang paling keras di negara tersebut.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-527 Serangan Rusia ke Ukraina: Panas di Pelabuhan Novorossiysk | Navalny Dipenjara 19 Tahun

- Seorang rekan Navalny yang bekerja untuk saluran YouTube-nya juga diadili di pengadilan Moskwa pada hari Jumat. Daniel Kholodny, seorang teknisi TV, dinyatakan bersalah karena mengorganisir kelompok ekstremis dan dijatuhi hukuman delapan tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com