Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Tolak Jawab Alasan Hilang dan Dipecatnya Menlu Qin Gang

Kompas.com - 27/07/2023, 07:57 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - China pada Rabu (26/7/2023) menolak mengungkapkan alasan Menteri Luar Negeri Qin Gang dipecat.

Beijing bersikeras bahwa pihaknya merilis informasi seperti biasa, meski Qin Gang menghilang selama lebih dari sebulan.

Qin Gang dicopot dari jabatannya oleh badan pembuat undang-undang utama pada Selasa (25/7/2023) setelah baru 207 hari menjabat.

Baca juga: Menteri Luar Negeri China Hilang, Menlu AS Ungkapkan Dugaannya

Selama berminggu-minggu beredar spekulasi bahwa mantan Duta Besar China untuk Amerika Serikat dan orang kepercayaan Presiden Xi Jinping itu tak lagi disukai para petinggi Partai Komunis China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China saat ditanya dalam konferensi pers meminta wartawan merujuk ke artikel kantor berita negara Xinhua, dan menolak memberi informasi lebih lanjut.

"Xinhua sudah menerbitkan informasi. Anda bisa merujuk ke situ," kata Mao, dikutip dari kantor berita AFP.

Kemudian saat ditanya bagaimana dia mengevaluasi tugas singkat Qin sebagai Menlu, Mao menjawab, "(Saya) mungkin bukan orang yang tepat untuk menjawab pertanyaan itu".

Mao terus ditekan berulang kali oleh wartawan untuk mengungkap nasib Qin, dan dia hanya berujar bahwa keputusan badan pembuat undang-undang China dan presiden pada Selasa sangat jelas.

"Saya sarankan Anda semua merujuk ke sana. Saya tidak punya informasi tambahan," katanya. “Kegiatan diplomatik China semuanya terus meningkat."

Baca juga: Setelah Dicopot, Nama Qin Gang Lenyap dari Situs Web Kemenlu China

Segala informasi tentang Qin Gang (57) telah dihapus dari situs web Kementerian Luar Negeri China pada Rabu (26/7/2023).

Pencarian namanya tidak membuahkan hasil, dan artikel sebelumnya tentang penampilan diplomatiknya menunjukkan pesan bahwa laman tersebut tidak ada atau sudah dihapus.

Akan tetapi, namanya masih muncul di situs web Pemerintah China lainnya, termasuk Dewan Negara, Kementerian Perdagangan, dan media-media negara.

"Informasi di situs web Kementerian Luar Negeri diperbarui sesuai peraturan manajemen," jawab Mao saat ditanya tentang hilangnya nama Qin Gang dari situs web Kemenlu China.

Qin Gang sebagai Menteri Luar Negeri China kini digantikan oleh pendahulunya yaitu Wang Yi.

Kementerian Luar Negeri China selama berminggu-minggu menghindari pertanyaan tentang Qin Gang. Sebelumnya disebutkan bahwa alasan kesehatan adalah penyebab ketidakhadirannya.

Baca juga: AS Tanggapi Pencopotan Menlu China yang Hilang Misterius

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com