Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pengangkut 3.000 Mobil Terbakar di Lepas Pantai Belanda, 1 Orang Tewas

Kompas.com - 26/07/2023, 20:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Kebakaran terjadi pada hari Rabu (26/7/2023) di sebuah kapal di lepas pantai Belanda yang mengangkut hampir 3.000 kendaraan, menewaskan satu orang dan melukai beberapa orang lainnya.

Kebakaran diawali pada Selasa (25/7/2023) malam di kapal Fremantle Highway sepanjang 199 meter yang terdaftar di Panama, yang sedang dalam perjalanan dari Jerman ke Mesir, dan memaksa beberapa awak kapal untuk melompat ke laut.

Kapal penyelamat menyemprotkan air ke kapal yang terbakar untuk mendinginkannya, tetapi terlalu banyak air berisiko membuat kapal tersebut tenggelam, kata penjaga pantai Belanda.

Baca juga: Bisakah Indonesia Menjaga Artefak yang Dikembalikan Belanda?

Sebuah kapal penyelamat mengaitkan diri untuk menghentikan kapal tersebut agar tidak hanyut.

"Api pasti masih belum terkendali. Api sangat sulit dipadamkan, mungkin karena kargo yang diangkut kapal," kata Edwin Versteeg, juru bicara Departemen Perairan dan Pekerjaan Umum Belanda, dilansir dari Reuters.

Penjaga pantai mengatakan di situs webnya bahwa penyebab kebakaran tidak diketahui, tetapi juru bicara penjaga pantai sebelumnya mengatakan bahwa kebakaran itu terjadi di dekat mobil listrik.

Penjaga pantai mengatakan bahwa kapal Fremantle, yang berangkat dari pelabuhan Bremerhaven, telah ditarik keluar dari jalur pelayaran dan bisa tenggelam.

Jaraknya 27 km (17 mil) di sebelah utara pulau Belanda, Belanda, saat kebakaran terjadi.

Total 23 awak kapal telah dievakuasi.

Sebuah helikopter membawa beberapa orang yang menderita akibat menghirup asap ke fasilitas medis di daratan.

Baca juga: Indonesia Sambut Baik Upaya Belanda Kembalikan Ratusan Artefak Budaya

Juru bicara penjaga pantai Edwin Granneman mengatakan bahwa para ahli penyelamatan sedang mencoba untuk menentukan langkah selanjutnya untuk kapal yang terbakar tersebut.

Juru bicara Shoei Kisen Kaisha, perusahaan penyewaan kapal Jepang yang mengelola Fremantle, tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Insiden ini merupakan yang terbaru dari beberapa kebakaran yang terjadi pada kapal pengangkut mobil belakangan ini.

Awal bulan ini, dua petugas pemadam kebakaran New Jersey tewas dan lima lainnya terluka saat memadamkan api di sebuah kapal kargo yang mengangkut ratusan kendaraan.

Baca juga: Kisah Manusia Jawa yang Belum Dikembalikan Belanda ke Indonesia

Sebuah kebakaran menghancurkan ribuan mobil mewah di sebuah kapal di lepas pantai kepulauan Azores, Portugal, pada bulan Februari tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com