Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Konfirmasi Serang Moskwa dengan Drone

Kompas.com - 24/07/2023, 19:50 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Ukraina pada Senin (24/7/2023) mengeklaim serangan pesawat tak berawak atau drone di pusat kota Moskwa, Rusia.

Seorang sumber pertahanan Ukraina mengatakan kepada AFP, bahwa serangan tersebut merupakan "operasi khusus" yang dilakukan oleh intelijen militer Ukraina.

Serangan kali ini terjadi berselang sehari setelah Kyiv bersumpah untuk membalas serangan rudal Rusia di kota Odesa yang dilindungi UNESCO.

Baca juga: Drone Ukraina Hantam Ibu Kota Rusia

Salah satu drone dilaporkan jatuh di dekat Kementerian Pertahanan Rusia di pusat kota Moskwa. Sementara drone yang lainnya menghantam sebuah gedung perkantoran di selatan ibu kota.

Wartawan AFP yang berada di lokasi kejadian di dekat Kementerian Pertahanan di Komsomolsky Prospekt melihat sebuah bangunan berlantai dua yang atapnya terbuat dari lembaran logam yang miring dan robek akibat dampak jatuhnya pesawat tak berawak tersebut.

"Saya tidak sedang tidur. Saat itu pukul 03.39. Rumah benar-benar berguncang," kata Vladimir, yang tinggal di dekatnya kepada AFP.

"Sangat memalukan bahwa sebuah drone Ukraina hampir menabrak Kementerian Pertahanan," kata pria berusia 70 tahun yang menolak menyebutkan nama belakangnya itu sambil mengambil foto di lokasi kejadian.

Baca juga: Rusia Jatuhkan 5 Drone Ukraina, Bandara Moskwa Sempat Terganggu

Serangan di Crimea 

Di Crimea, semenanjung yang dianeksasi oleh Rusia pada 2014, gubernur yang dilantik oleh Rusia, Sergei Aksyonov, mengatakan sebuah depot amunisi telah dihantam dan sebuah rumah pribadi rusak dalam serangan drone yang terpisah.

"Desa-desa di dekat depot tersebut dievakuasi," tambahnya.

Crimea telah menjadi target reguler Ukraina sejak serangan besar-besaran Rusia yang diluncurkan tahun lalu. Dalam beberapa pekan terakhir, Crimea menjadi sasaran serangan yang lebih intensif.

Kyiv telah berulang kali mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengambil alih kembali Crimea.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan 14 drone Ukraina yang menargetkan Crimea sepanjang Minggu (23/7/2023) malam berhasil diredam oleh pertahanan udara elektronik dan tiga lainnya ditembak jatuh.

Baca juga: Rusia Jatuhkan 2 Drone di Wilayah Moskwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com