Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-502 Serangan Rusia ke Ukraina: Turkiye Cabut Veto | Putin Temui Prigozhin

Kompas.com - 11/07/2023, 14:15 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-502 pada Senin (10/7/2023), ditandai dengan Turkiye mencabut veto yang menahan Swedia untuk bergabung ke NATO.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin ternyata sempat bertemu bos tentara bayaran Wagner yaitu Yevgeny Prigozhin setelah pemberontakan terjadi.

Rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini dapat Anda baca di bawah ini.

Baca juga: Australia Kirim Pesawat Pengintai ke Jerman, Bantu Pantau Ukraina

1. Putin sempat bertemu Bos Wagner

Kremlin pada Senin (10/7/2023) mengonfirmasi bahwa Presiden Vladimir Putin sempat bertemu dengan bos Wagner, Yevgeny Prigozhin, pada 29 Juni di Kremlin, beberapa hari setelah kelompok tentara bayaran itu berusaha menggulingkan kepemimpinan militer Rusia.

"Presiden memberikan penilaiannya atas peristiwa 24 Juni," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, merujuk pada pemberontakan Wagner yang gagal.

Dia menambahkan, Putin saat itu juga mendengarkan laporan yang disampaikan oleh komandan Wagner.

Baca selengkapnya di sini.

2. Turkiye cabut veto untuk Swedia

Turkiye pada Senin (10/7/2023) mencabut veto dan setuju meneruskan permohonan Swedia ke parlemennya untuk bergabung dengan NATO.

Kepala NATO Jens Stoltenberg mengatakan, setelah pembicaraan di Vilnius antara Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan dengan Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson, Ankara bersedia bergerak maju.

"Presiden Erdogan setuju meneruskan Protokol Aksesi untuk Swedia ke Majelis Nasional Agung sesegera mungkin dan bekerja sama dengan majelis guna memastikan ratifikasi," katanya, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Erdogan Akan Dukung Swedia Gabung NATO jika Turkiye Gabung Uni Eropa

3. PM Kristersson: "Hari yang baik"

Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson pada Senin (10/7/2023) mengatakan, dia sangat senang negaranya mencapai kesepakatan dengan Turkiye untuk bergabung ke aliansi pertahanan NATO.

"Kami mengambil langkah sangat besar menuju ratifikasi formal keanggotaan Swedia di NATO. Ini hari yang baik bagi Swedia," kata Kristersson kepada wartawan menjelang KTT NATO di Vilnius, dikutip dari kantor berita AFP.

Erdogan pada Senin setuju meneruskan permohonan Swedia bergabung dengan NATO ke parlemennya, kata kepala aliansi tersebut yaitu Jens Stoltenberg.

Baca selengkapnya di sini.

4. Ukraina rebut ketinggian utama di sekitar Bakhmut

Ukraina pada Senin (10/7/2023) mengeklaim telah merebut posisi ketinggian utama di sekitar Kota Bakhmut.

Negara yang didukung Barat itu terus maju dengan serangan balasannya melawan Rusia.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Ganna Malyar mengatakan, pasukan Kyiv selama beberapa hari terakhir mempertahankan kontrol tembakan atas pintu masuk, keluar dan pergerakan Rusia di sekitar kota Bakhmut.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com