Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Hancurkan Formasi Rusia di Garis Depan Wilayah Donetsk

Kompas.com - 05/07/2023, 14:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MAKIIVKA, KOMPAS.com - Militer Ukraina mengatakan, telah menghancurkan formasi Rusia di Kota Makiivka, garis depan wilayah Donetsk yang dikuasai pasukan Moskwa.

Para pejabat yang diangkat Rusia menyebutkan bahwa satu warga sipil tewas dan puluhan lainnya terluka dalam serangan tersebut.

"Hasil dari tembakan efektif unit-unit pasukan pertahanan, formasi lain teroris Rusia di Makiivka yang diduduki sementara sudah dihancurkan," kata angkatan bersenjata Ukraina, dikutip dari kantor berita AFP pada Rabu (5/7/2023).

Baca juga: Ukraina Rebut Kembali 37 Km Persegi Wilayah dari Pasukan Rusia

Video yang menyertai unggahan tersebut menunjukkan ledakan besar menerangi langit malam dan siluet setidaknya satu bangunan, tetapi tidak ada rincian lebih lanjut.

Kepala wilayah Donetsk yang ditunjuk Rusia, Denis Pushilin, mengatakan bahwa pasukan Ukraina melancarkan serangan sengit di pemukiman dan kompleks rumah sakit Kota Makiivka.

Baca juga:

Kantor berita negara Rusia Interfax melaporkan, satu orang tewas dan 36 warga sipil menderita luka dengan berbagai tingkat keparahan akibat serangan Ukraina.

Sementara itu, kantor berita TASS milik negara Rusia mewartakan, sembilan fasilitas kesehatan rusak akibat penembakan pasukan Ukraina, mengutip keterangan pejabat pilihan Rusia di Donetsk.

Sebelumnya pada Januari 2023, Rusia mengatakan bahwa 89 tentara tewas dalam serangan Ukraina di pangkalan sementara di Makiivka.

Baca juga: Jepang: Kapal Perang Rusia Terpantau di Dekat Taiwan dan Kepulauan Okinawa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com