Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Kapal Selam Wisata Titanic Kemungkinan Terjadi Tak Lama Setelah Hilang Kontak

Kompas.com - 23/06/2023, 06:38 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Angkatan Laut AS atau US Navy mendeteksi kemungkinan ledakan kapal selam wisata Titanic melalui alat pemantau suara bawah air tak lama setelah kapal tersebut menghilang di Samudra Atlantik.

Demikian dilaporkan surat kabar Wall Street Journal pada Kamis (23/6/2023).

Mengutip seorang pejabat senior Angkatan Laut AS yang tidak disebutkan namanya, Wall Street Journal menyebutkan, ledakan tersebut terekam tak lama setelah kapal selam Titan menghilang pada Minggu (18/6/2023) oleh sistem pemantauan akustik rahasia yang dirancang untuk mendeteksi kapal selam.

Baca juga: Tim Penyelamat: Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan Hancur, Semua Penumpang Tewas

"Angkatan Laut AS melakukan analisis data akustik dan mendeteksi anomali yang konsisten dengan ledakan (implosion or explosion) di sekitar lokasi kapal selam Titan beroperasi ketika komunikasi terputus," kata pejabat itu kepada Wall Street Journal.

Pada Kamis, Penjaga Pantai AS mengatakan bahwa mereka telah menemukan puing-puing kapal selam di dekat kapal Titanic, yang berada di kedalaman 3.800 meter (12.400 kaki) di bawah laut.

Pengumuman ini mengakhiri operasi pencarian dan penyelamatan multinasional selama empat hari.

Para pejabat mengatakan kepada para wartawan bahwa analisis menunjukkan bahwa puing-puing yang ditemukan di dasar laut identik dengan akibat ledakan ruang tekanan kapal selam.

Lima penumpang kapal tersebut diyakini telah tewas, menurut OceanGate Expeditions, yang mengoperasikan kapal selam tersebut.

Baca juga: Turis Kapal Selam Titanic Ceritakan Pengalamannya: Rasanya Seperti Kamikaze

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com