Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Kapal Selam Titanic Ceritakan Pengalamannya: Rasanya Seperti Kamikaze

Kompas.com - 22/06/2023, 19:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

LONDON, KOMPAS.com - Ketika pencarian internasional berlanjut atas kapal yang hilang setelah berangkat ke reruntuhan bawah air Titanic, seorang pria yang merupakan salah satu pelanggan pertama perusahaan kapal selam itu menceritakan penyelamannya.

Dia, yang menyelam ke lokasi itu dua tahun lalu, menyebut ekspedisi itu seperti sebuah "operasi kamikaze."

“Anda harus sedikit gila untuk melakukan hal semacam ini,” kata Arthur Loibl, pensiunan pengusaha dan petualang berusia 61 tahun dari Jerman, seperti dilansir dari Associated Press.

Baca juga: Cerita Orang Pernah Terjebak 84 Jam di Dasar Laut: Penumpang Kapal Selam Titanic Pasti Ketakutan

Loibl mengatakan bahwa dia pertama kali memiliki ide untuk melihat reruntuhan Titanic saat dalam perjalanan ke Kutub Selatan pada tahun 2016.

Saat itu, sebuah perusahaan Rusia menawarkan penyelaman dengan harga setengah juta dolar.

Setelah OceanGate yang berbasis di negara bagian Washington mengumumkan operasinya sendiri setahun kemudian. Dia mengambil kesempatan itu, membayar 110.000 dollar AS untuk penyelaman pada tahun 2019 yang gagal ketika kapal selam pertama tidak bertahan dalam pengujian.

Dua tahun kemudian dia melakukan pelayaran yang sukses, bersama dengan CEO OceanGate Stockton Rush, penyelam Perancis dan ahli Titanic Paul-Henri Nargeolet dan dua pria dari Inggris.

“Bayangkan sebuah tabung logam sepanjang beberapa meter dengan selembar logam untuk lantai. Anda tidak bisa berdiri. Anda tidak bisa berlutut. Setiap orang duduk berdekatan atau di atas satu sama lain,” kata Loibl. "Kondisinya sesak."

Selama 2,5 jam turun dan naik, lampu dimatikan untuk menghemat energi, katanya, dengan satu-satunya penerangan yang berasal dari tongkat pendar neon.

Penyelaman berulang kali ditunda untuk memperbaiki masalah pada baterai dan bobot penyeimbang. Total perjalanan memakan waktu 10,5 jam.

Baca juga: Oksigen di Kapal Selam Wisata Titanic Sisa 20 Jam, Asal Suara Belum Jelas

Kelompok itu beruntung dan menikmati pemandangan bangkai kapal yang menakjubkan, kata Loibl, tidak seperti pengunjung pada penyelaman lain yang hanya dapat melihat bidang puing atau dalam beberapa kasus tidak ada sama sekali.

Beberapa pelanggan kehilangan pembayaran yang tidak dapat dikembalikan setelah cuaca buruk membuat penurunan menjadi tidak mungkin.

Dia menggambarkan Rush sebagai pengotak-atik yang mencoba memanfaatkan apa yang tersedia untuk melakukan penyelaman, tetapi jika dipikir-pikir, dia berkata bahwa ekspedisi itu agak meragukan.

“Saya agak naif, melihat ke belakang sekarang,” kata Loibl. “Itu adalah operasi kamikaze.”

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Daftar Penumpang Kapal Wisata Titanic | Bonus Tentara Rusia

Kapal selam OceanGate yang membawa Rush, Nargeolet, seorang petualang Inggris dan dua anggota keluarga bisnis Pakistan menghilang hari Minggu (18/6/2023) setelah berangkat menuju reruntuhan kapal terkenal itu, yang menabrak gunung es dan tenggelam pada tahun 1912, menewaskan semua kecuali sekitar 700 dari sekitar 2.200 orang. penumpang dan kru.

Tuduhan yang baru terungkap menunjukkan bahwa peringatan keselamatan yang signifikan dibuat selama pengembangan kapal selam, yang dijuluki Titan.

Baca juga: Sisa Oksigen di Kapal Selam Wisata Titanic yang Hilang Tinggal 40 Jam

Penjaga Pantai AS telah memimpin pencarian. Pesawat mendeteksi suara bawah air, tetapi tidak yakin apa penyebabnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com