Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seruan Mengusir Mantan Presiden Brasil Bolsonaro dari AS Meningkat

Kompas.com - 11/01/2023, 16:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

Penulis: VOA Indonesia

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seruan meningkat agar pemerintahan Presiden Joe Biden mencabut visa mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang kini berada di Florida, menyusul kerusuhan di Brasil yang dilakukan oleh pendukungnya.

Tetapi para pakar memperingatkan, upaya mengusir, terutama melalui ekstradisi, bisa menghadapi tantangan hukum yang bisa berlangsung bertahun-tahun.

Bolsonaro telah berada di Orlando sejak akhir Desember lalu. Dia meninggalkan Brasil hanya beberapa hari sebelum pelantikan penggantinya, Luiz Inacio Lula da Silva, yang mengalahkan Bolsonaro dalam upayanya untuk menduduki masa jabatan kedua, dalam pemilu tahun lalu dengan selisih 1,8 persen suara.

Baca juga: Dampak Kerusuhan Brasil: Gedung Pemerintah Rusak, Mata Uang Jatuh

Bolsonaro tidak pernah mengakui kekalahannya dalam pemilihan tersebut. Ia meniru apa yang dilakukan mantan Presiden Donald Trump dengan memberi tahu para pendukungnya bahwa pemilihan itu dicurangi.

Pendukungnya telah berkemah selama berminggu-minggu di luar pangkalan militer di Brasil, mendesak militer melakukan kudeta untuk mencegah pelantikan Lula, panggilan presiden baru itu, yang berlangsung pada 1 Januari.

Akhirnya tidak ada kudeta yang terjadi. Seminggu setelah pelantikan Lula, ribuan pendukung Bolsonaro menyerbu istana presiden, gedung kongres, dan mahkamah agung Brasil.

Baca juga: Mantan Presiden Brasil Bolsonaro Dirawat di Rumah Sakit, 1.500 Pendukungnya Ditangkap

Ratusan orang ditangkap setelah pihak berwenang akhirnya merebut kembali kendali atas gedung-gedung tersebut.

Peristiwa itu langsung dibandingkan dengan serangan 6 Januari 2021 terhadap Gedung Capitol di AS oleh pendukung Trump yang mencoba membatalkan hasil pemilihan presiden 2020.

Dari Florida, Bolsonaro mengetwit, mengecam kekerasan itu.

Akan tetapi masih banyak politisi di Brasil dan negara lain mengecam dan menyalahkannya karena menanam benih ketidakpercayaan terhadap hasil pemilu.

Artikel ini pernah tayang di VOA Indonesia dengan judul Seruan untuk Usir Mantan Presiden Brazil dari AS Meningkat

Baca juga: Jair Bolsonaro Dilarikan ke Rumah Sakit Saat 1.000 Pendukungnya Ditangkap karena Kerusuhan Brasil…

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com