Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Hari Ini: Kherson Kehilangan Pasokan Listrik

Kompas.com - 07/11/2022, 20:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KHERSON, KOMPAS.com - Kabar Ukraina hari ini pada Senin (7/11/2022), Kota Kherson yang diduduki Rusia kehilangan pasokan listrik untuk kali pertama sejak invasi pasukan Moskwa.

Pemerintah Kherson yang dikendalikan Rusia mengatakan di Telegram, pasokan listrik dan air padam setelah serangan Rusia merusak tiga saluran listrik di jalan raya Berislav-Kakhovka.

Yuriy Sobolevskyi, wakil kepala dewan regional Kherson, menyampaikan bahwa sekitar 10 permukiman di wilayah tersebut terpengaruh, serta kota utama.

Baca juga: Viral Rekaman Tentara Rusia Santai Tangkap 2 Bom Drone Ukraina, Dilempar Meledak

Para pejabat Rusia dikutip dari The Guardian mengatakan, Ukraina sedang bersiap mencoba serangan kedua untuk merebut kembali wilayah-wilayah lainnya di Kherson.

Merebut kembali Kherson akan bermanfaat secara simbolis dan logistik yang sangat besar bagi Ukraina, karena Rusia membutuhkan daerah itu demi mengamankan pasokan air ke Crimea serta sebagai jembatan darat ke Rusia.

Kepala pemerintahan regional, Yaroslav Yanushevych, menyalahkan Rusia atas pemadaman listrik di Kherson.

Dia mengungkapkan, wilayah Beryslav di Kherson mengalami kelumpuhan jaringan listrik sekitar 1,5 km, sehingga seluruh aliran listrik terputus karena kerusakannya cukup luas.

Para teknisi energi kini sedang berusaha cepat menyelesaikan masalah ini, kata pihak berwenang yang didukung Rusia. Mereka juga meminta orang-orang tetap tenang

Gubernur Kherson yang ditunjuk Moskwa, Vladimir Saldo, mengatakan bahwa otoritas setempat berharap listrik dapat tersambung lagi pada akhir Senin (7/11/2022).

Baca juga:

Berita pemadaman ini muncul menyusul klaim Pemerintah Rusia pada Minggu (6/11/2022). mengenai bendungan Kakhovka di Kherson yang rusak oleh serangan Ukraina menggunakan roket Himars.

Dalam beberapa pekan terakhir, Ukraina terus memperingatkan bahwa pasukan Moskwa bermaksud meledakkan fasilitas strategis itu guna menyebabkan banjir.

Adapun bendungan pembangkit listrik tenaga air itu direbut oleh pasukan Rusia pada awal serangan mereka.

Baca juga: Ukraina Terkini: Wali Kota Kyiv Sarankan Warga Beli Power Bank, Siap-siap Mati Listrik Total

Selain di Kherson, pemadaman listrik di Ukraina hari ini juga berpeluang terjadi di Kyiv. Wali Kota Vitali Klitschko tidak menutup kemungkinan pemadaman terjadi selama Rusia melanjutkan serangannya terhadap infrastruktur energi.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com