Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 18:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Perdana Menteri Pakistan, Shehbaz Sharif, menuduh mantan perdana menteri Imran Khan sebagai "pembohong terbesar di muka bumi".

Dia juga menyebut Khan menyuntikkan racun ke masyarakat untuk "mempolarisasi pemilih yang berbahaya" setelah ia digulingkan dari kekuasaan awal tahun ini.

Dilansir Guardian, berbicara dalam wawancara pertamanya dari Pakistan sejak ia mengambil alih sebagai perdana menteri pada bulan April, Sharif, 70 tahun, berbicara tanpa henti tentang "kerusakan" yang dilakukan Khan, mantan superstar kriket yang memerintah Pakistan dari 2018.

Baca juga: Cegah Pelecehan, Pakistan Luncurkan Hotline Khusus Transgender

Pakistan saat ini berada di tengah krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya, karena bergulat dengan inflasi yang meningkat, utang luar negeri yang tinggi dan penurunan cadangan mata uang asing.

Negara itu juga menghadapi lebih dari 30 miliar dollar AS kerusakan setelah negara itu dilanda banjir terburuk dalam sejarahnya pada tahun lalu.

Bencana yang dipicu oleh krisis iklim yang menewaskan 1.600 orang dan jutaan orang tanpa tempat berlindung dan air bersih.

Sharif, yang merupakan adik dari mantan perdana menteri Nawaz Sharif dan bagian dari salah satu dinasti politik paling kuat di Pakistan, menyebut Khan "pembohong dan penipu" yang kebijakannya telah membuat perekonomian hancur.

Baca juga: PM Pakistan Kecam Keras Perubahan Iklim, Minta Konsekuensi Global Terkait Banjir

Dia menuduh Khan, yang menjalankan manifesto anti-korupsi, melakukan urusan negara sesuai dengan agenda pribadinya sendiri “dengan cara yang hanya dapat digambarkan sebagai politisi yang paling tidak berpengalaman, egois, dan tidak dewasa dalam sejarah negara".

Khan, yang masih mempertahankan popularitas besar di kalangan pemilih, digulingkan dari kekuasaan pada April tahun ini setelah mosi tidak percaya yang membuat banyak sekutunya di parlemen berbalik menentangnya.

Khan ditemukan telah melanggar konstitusi dalam upaya untuk menghentikan pemungutan suara, dan dia juga mengancam akan memberlakukan darurat militer daripada menyerahkan kekuasaan kepada koalisi oposisi.

Baca juga: Banjir Mengerikan di Pakistan Tanda Krisis Iklim Global

Khan berulang kali membuat tuduhan bahwa pemungutan suara itu adalah "konspirasi asing" terhadapnya oleh AS.

Dia mengeklaim memiliki kabel diplomatik untuk membuktikannya, meskipun ada penolakan publik oleh AS, militer dan tokoh-tokoh di pemerintahan, dan dalam pertemuan pribadi dengan para diplomat.

Masalah ini semakin meradang minggu lalu setelah rekaman audio dari percakapan informal pribadi, yang diadakan oleh Khan di kantornya ketika dia menjadi perdana menteri, bocor ke internet.

Baca juga: UNICEF Sebut Situasi Pakistan Amat Suram, 3,4 Juta Anak Butuh Bantuan Segera

Kebocoran audio diduga menangkap Khan yang sedang mendiskusikan bagaimana membuat konspirasi tentang ancaman asing, dengan dia mendengar mengatakan mereka akan "bermain dengan kabel".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Guardian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com