Kompas.com - 26/09/2022, 14:30 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Otoritas Rusia pada Minggu (25/9/2022) berjanji memperbaiki kesalahan dalam pemanggilan pasukan untuk perang di Ukraina.

Beberapa kesalahan terjadi ketika pelajar, orang tua, atau orang sakit dipanggil untuk bertugas, sehingga memicu amarah publik.

Ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi parsial pada Rabu (21/9/2022), dia mengatakan bahwa hanya orang-orang dengan keterampilan relevan atau pengalaman militer yang akan dipanggil.

Baca juga: Perang di Ukraina Makin Jadi, Putin Umumkan Mobilisasi Parsial Rusia, Pertama Sejak PD II

Namun, banyak orang marah setelah melihat pihak berwenang memanggil orang-orang yang tidak layak untuk bertugas, dan kadang tidak masuk akal.

Otoritas di di wilayah Volgograd misalnya, yang memanggil seorang mantan staf militer penderita diabetes berusia 63 tahun ke kamp pelatihan, meskipun memiliki masalah kesehatan dan otak yang buruk.

Pria berusia 63 tahun itu lalu kembali ke rumah pada Jumat (23/9/2022) malam, menurut kantor berita negara Rusia RIA Novosti.

Di wilayah yang sama, direktur sekolah berusia 58 tahun bernama Alexander Faltin menerima perintah panggilan meskipun tidak memiliki pengalaman militer.

Putrinya mengunggah video pemanggilan itu di media sosial dan menjadi viral. Faltin diizinkan pulang setelah dokumennya ditinjau, menurut RIA.

Baca juga:

Pengakuan langka

Ketua majelis tinggi Rusia Valentina Matviyenko meminta semua gubernur--yang mengawasi jalannya mobilisasi parsial--untuk menghindari kesalahan.

Pengakuan pada Minggu (25/9/2022) tersebut jarang terjadi sebelumnya.

Halaman:
Sumber AFP

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.