Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Denda Boeing Rp 3 Triliun karena Salah Beri Jaminan Keselamatan 737 MAX

Kompas.com - 24/09/2022, 12:13 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Badan sekuritas Amerika Serikat pada Kamis (22/9/2022) mendenda Boeing 200 juta dollar AS (Rp 3 triliun) karena salah memberi jaminan keselamatan pesawat 737 MAX.

Sebanyak dua kecelakaan mematikan Boeing 737 MAX yaitu Lion Air Indonesia pada Oktober 2018 dan Ethiopian Airlines pada Maret 2019. Keduanya total menewaskan 350 orang.

Boeing menyetujui hukuman untuk menyelesaikan dakwaan itu karena lalai melanggar ketentuan anti-penipuan undang-undang sekuritas AS, kata Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Mantan Pilot Boeing yang Dituduh Tipu Regulator AS untuk Sertifikasi 737 MAX Dibebaskan

Mereka juga mengatakan, Boeing dan pemimpinnya mengutamakan keuntungan di atas kepentingan orang.

Mantan kepala eksekutif Boeing, Dennis Muilenburg, juga setuju untuk membayar 1 juta dollar AS (Rp 15,10 miliar) untuk menyelesaikan dakwaan yang sama dalam kasus perdata.

Satu bulan setelah kecelakaan Lion Air 2018, siaran pers Boeing yang disetujui Muilenburg secara selektif menyoroti fakta-fakta tertentu yang menyiratkan kesalahan pilot dan buruknya perawatan pesawat berkontribusi pada kecelakaan.

Siaran pers juga membuktikan keselamatan pesawat, tidak mengungkapkan bahwa Boeing tahu sistem penanganan penerbangan utama menimbulkan masalah keselamatan dan sedang dirancang ulang.

Baca juga:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pada saat krisis dan tragedi, sangat penting bahwa perusahaan publik dan eksekutif memberikan pengungkapan penuh, adil, dan jujur ke pasar," kata Ketua SEC Gary Gensler dalam siaran pers.

"Perusahaan Boeing dan mantan CEO-nya, Dennis Muilenburg, gagal dalam kewajiban paling mendasar ini. Mereka menyesatkan investor dengan memberikan jaminan tentang keselamatan 737 MAX, meskipun mengetahui tentang masalah keamanan yang serius."

Baca juga: Pernah Jatuh di Indonesia dan Etiopia, Boeing 737 MAX Bisa Terbang Lagi di AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+