Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM India Bicara Blak-blakan dengan Putin: Bukan Waktunya untuk Perang

Kompas.com - 17/09/2022, 15:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNBC

SAMARKAND, KOMPAS.com - Perdana Menteri India Narendra Modi pada hari Jumat (16/9/2022) mengatakan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa sekarang bukan waktunya untuk perang.

Dilansir CNBC, Modi menyebut keamanan pangan, pupuk dan bahan bakar jadi keprihatinan utama dunia saat ini.

“Saya tahu bahwa era hari ini bukanlah era perang, dan saya telah berbicara dengan Anda di telepon tentang ini,” kata Modi kepada Putin di sela-sela pertemuan puncak blok keamanan regional di Uzbekistan.

Baca juga: Putin Berjanji Akhiri Perang di Ukraina Secepat Mungkin

Dia menambahkan bahwa demokrasi, diplomasi, dan dialog diperlukan untuk menjaga dunia bersama.

Putin mengatakan bahwa dia memahami kekhawatiran Modi tentang perang Ukraina.

“Saya tahu tentang posisi Anda dalam konflik di Ukraina, dan saya tahu tentang kekhawatiran Anda. Kami ingin semua ini berakhir secepat mungkin," tambahnya.

Putin, yang bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di KTT, pada Rabu (14/9/2022) mengakui kekhawatiran Beijing tentang perang tersebut.

Baca juga: Xi dan Putin Bahas Kerja Sama hingga Ukraina di KTT Keamanan

Modi dan Putin berbicara di sela-sela pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), yang anggota tetapnya, selain India, termasuk China, Rusia, Pakistan, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, dan Uzbekistan.

“Perdagangan kami berkembang, berkat tambahan pasokan pupuk Rusia ke pasar India, yang telah tumbuh lebih dari delapan kali lipat. Saya berharap ini akan sangat membantu sektor pertanian India,” kata Putin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com