Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

21 Jet Tempur China Terbang ke Zona Pertahanan Taiwan Saat Ketua DPR AS Berkunjung

Kompas.com - 03/08/2022, 08:25 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,Reuters

TAIPE, KOMPAS.com - Lebih dari 20 jet tempur China dilaporkan terbang ke zona pertahanan udara Taiwan pada Selasa (2/8/2022), saat ketua DPR AS Nancy Pelosi berkunjung ke pulau itu.

"21 pesawat PLA (People's Liberation Army/Tentara Pembebasan Rakyat China) memasuki ADIZ barat daya Taiwan pada 2 Agustus 2022," klaim Kementerian Pertahanan Taiwan dalam sebuah pernyataan di Twitter, mengacu pada zona identifikasi pertahanan udara.

Dilansir dari AFP, ADIZ tidak sama dengan wilayah udara teritorial Taiwan, tetapi mencakup area yang jauh lebih besar yang tumpang tindih dengan bagian dari zona identifikasi pertahanan udara China sendiri dan bahkan mencakup beberapa daratan.

Baca juga: Penjelasan Ketua DPR AS soal Maksud Kunjungannya ke Taiwan

Sementara itu, beberapa kapal perang AS dilaporkan telah berlayar di perairan dekat Taiwan saat Ketua DPR AS Nancy Pelosi diagendakan menuju Taipei dari Malaysia.

Angkatan Laut AS didapati telah mengerahkan empat kapal perang di perairan timur Taiwan.

Seperti diberitakan Reuters, empat kapal perang AS, termasuk sebuah kapal induk, telah ditempatkan di perairan timur Taiwan dalam apa yang disebut Angkatan Laut AS sebagai pengerahan rutin pada Selasa (2/8/2022).

"Kapal induk USS Ronald Reagan telah transit di Laut China Selatan dan saat ini berada di Laut Filipina, di sebelah timur Taiwan-Filipina, dan selatan Jepang," kata seorang pejabat Angkatan Laut AS.

Reagan yang berbasis di Jepang beroperasi dengan kapal penjelajah peluru kendali, USS Antietam, dan sebuah kapal perusak, USS Higgins.

"Meskipun mereka mampu menanggapi segala kemungkinan, ini normal, pengerahan rutin," kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim.

Pejabat AS mengatakan, kapal serbu amfibi USS Tripoli juga berada di daerah itu.

Baca juga:

Namun, para pejabat AS telah berusaha meyakinkan China bahwa posisi kapal-kapal tempur mereka di kawasan itu tidak terkait dengan kunjungan Pelosi.

Sementara itu, sebelumnya, Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan kepada CNN bahwa Washington akan memastikan Pelosi memiliki “kunjungan yang aman dan terjamin”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com