Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlian Merah Muda Langka Ditemukan di Angola, Permata Terbesar dalam 300 Tahun

Kompas.com - 28/07/2022, 09:03 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Sebuah berlian merah muda langka seberat 170 karat telah ditemukan di Angola, dan diklaim sebagai batu permata terbesar yang ditemukan dalam 300 tahun.

Disebut "Lulo Rose," berlian itu ditemukan di tambang berlian aluvial Lulo. Pemilik tambang, Lucapa Diamond Company, mengumumkan temuan tersebut di situs webnya pada Rabu (27/7/2022) .

Baca juga: Kisah Misteri Hilangnya Permata Biru Arab Saudi dan Serangkaian Pembunuhan Setelahnya

“Hanya satu dari 10.000 berlian yang berwarna pink. Jadi, Anda pasti melihat benda yang sangat langka ketika menemukan berlian merah muda yang sangat besar," kata CEO Lucapa Stephen Wetherall kepada AP.

Batu permata merah muda itu diperkirakan akan bernilai tinggi saat dilelang. Tetapi Wetherall mengatakan dia tidak tahu sepremium apa itu harus dibayar mengingat warnanya yang khas.

Lulo adalah tambang aluvial, yang berarti batu-batu itu diambil dari dasar sungai.

Perusahaan Lucapa sedang mencari deposit bawah tanah, yang dikenal sebagai pipa kimberlite, yang akan menjadi sumber utama berlian, kata Wetherall, berbicara dari kantor pusat perusahaan di Australia.

“Kami sedang mencari pipa kimberlite yang membawa berlian ini ke permukaan,” kata Wetherall.

"Ketika Anda menemukan berlian besar bernilai tinggi ini ... tentu saja meningkatkan kegembiraan dari sudut pandang kami dalam perburuan untuk sumber utamanya."

Baca juga: Berlian 555 Karat Terbesar di Dunia, Enigma, Laku Rp 61,4 Miliar

Sekitar 400 staf dipekerjakan di tambang Lulo yang telah menghasilkan dua berlian terbesar yang pernah ditemukan di Angola, termasuk berlian bening 404 karat, katanya.

Batu permata merah muda ini adalah berlian terbesar kelima yang ditemukan di tambang, di mana 27 berlian 100 karat atau lebih telah ditemukan, menurut Lucapa.

Berlian merah muda itu akan dijual melalui tender internasional oleh perusahaan pemasaran berlian negara bagian Angola, Sodiam. Tambang Angola menjadikannya salah satu dari 10 produsen berlian teratas dunia.

“Rekor dan berlian merah muda spektakuler yang dipulihkan dari Lulo ini terus menunjukkan Angola sebagai pemain penting di panggung dunia untuk penambangan berlian dan menunjukkan potensi dan penghargaan atas komitmen dan investasi dalam industri pertambangan berlian kami yang sedang berkembang,” Diamantino Azevedo, Menteri Mineral Angola Resources, Petroleum and Gas mengatakan, menurut situs web Lucapa.

Baca juga: Kisah Penemuan Cullinan, Berlian Terbesar di Dunia dari Tambang Afrika

Berlian merah muda ini merupakan temuan yang mengesankan tetapi banyak berlian bening lebih besar dari 1.000 karat.

Berlian Cullinan yang ditemukan di Afrika Selatan pada 1905 memiliki berat 3.106 karat dan kini berada di Tongkat Kerajaan Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com