Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlian Hitam Terbesar Dipamerkan di Dubai, Ini Wujudnya

Kompas.com - 17/01/2022, 22:15 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

DUBAI, KOMPAS.com - Potongan berlian hitam terbesar di dunia yang diketahui tengah dipamerkan kepada publik untuk pertama kalinya di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (17/1/2022).

Berlian ini dipamerkan sebelum dilelang yang diperkirakan akan menyentuh harga 5 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp71,6 miliar.

"The Enigma" adalah nama berlian carbanado hitam yang langka itu.

Baca juga: Cerai dari Penguasa Dubai, Mantan Istri dapat Uang Sengketa Hak Asuh Rp 10 Triliun

Diberitakan Kantor Berita AFP, Senin, berlian itu diyakini telah terbentuk ketika sebuah meteorit atau asteroid menghantam Bumi lebih dari 2,6 miliar tahun yang lalu, menurut spesialis perhiasan rumah lelang Sotheby, Sophie Stevens.

Berlian 555,55 karat itu tidak pernah ditunjukkan oleh pemiliknya yang tidak disebutkan namanya selama 20 tahun terakhir.

Bentuk berlian ini terinspirasi dari simbol kekuasaan dan perlindungan berbentuk telapak tangan Timur Tengah, Hamsa, yang juga diasosiasikan dengan angka lima.

"Ini sangat berbeda," kata Stevens tentang permata itu, yang memegang Guinness World Record sebagai berlian dengan potongan terbesar.

Setelah dipamerkan di Dubai, Enigma juga akan dibawa ke Los Angeles dan London, sebelum lelang online tujuh hari dimulai pada 3 Februari 2022.

Baca juga: Pria Nekat Ingin Masuk Kandang Singa untuk Ambil Berlian, Pengunjung Ikut Panik

Stevens menyampaikan apa yang disebut Sotheby sebagai "keajaiban kosmik" bisa sangat baik untuk penawar bitcoin.

"Kami menerima cryptocurrency untuk berlian, yang telah kami lakukan untuk batu berlian penting lainnya," katanya.

Sebuah gambar yang diambil pada Senin (17/1/2022), menunjukkan The Enigma, berlian hitam 555,55 karat yang tengah dipamerkan di Sotheby's di emirat Teluk Dubai, UEA.GIUSEPPE CACACE Sebuah gambar yang diambil pada Senin (17/1/2022), menunjukkan The Enigma, berlian hitam 555,55 karat yang tengah dipamerkan di Sotheby's di emirat Teluk Dubai, UEA.

Pada tahun lalu di Hong Kong, berlian Key 10138 dijual seharga 12,3 juta dolar AS atau sekitar Rp176,1 miliar yang dibayar dalam mata uang kripto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com