Kompas.com - 28/07/2022, 08:32 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengakhiri isolasi Covid-19-nya pada Rabu (27/7/2022), dan langsung menyarankan publik Amerika untuk memanfaatkan vaksin dan perawatan booster, supaya mereka dapat "hidup tanpa rasa takut" dalam pandemi.

Cara itu menurutnya dapat memberikan perlindungan yang dia buktikan dengan pemulihannya yang cepat.

Baca juga: Di Tengah Kemelut China-Taiwan, Biden Akan Bertemu Xi Jinping Kamis

“Anda tidak perlu menjadi presiden untuk mendapatkan alat-alat ini untuk digunakan sebagai pertahanan Anda,” katanya di Rose Garden sebagaimana dilansir AP.

“Faktanya, suntikan booster yang sama, tes di rumah yang sama, perlakuan yang sama yang saya dapatkan tersedia untuk Anda.”

Pandemi telah menewaskan lebih dari 1 juta orang di AS dan terus mengganggu kehidupan sehari-hari lebih dari dua tahun setelah dimulai.

Tetapi Biden menekankan bahwa orang-orang jauh lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit itu, meskipun ada gelombang infeksi baru yang disebabkan oleh varian menular yang dikenal sebagai BA.5, yang diyakini telah membuat Presiden ke-46 AS itu juga sakit.

“Anda bisa hidup tanpa rasa takut dengan melakukan apa yang saya lakukan,” katanya. “Dapatkan dorongan, tes dan dapatkan perawatan.”

Dia berbicara lebih banyak tentang pengobatan daripada pencegahan, sebuah tanda bagaimana pandemi dan pendekatannya telah berkembang.

“Kakek-nenek memeluk anak-anak dan cucu-cucu mereka lagi. Pernikahan, ulang tahun, perayaan terjadi lagi secara langsung. Mari terus bangkit dari salah satu momen tergelap dalam sejarah kita,” tambah Baiden.

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Positif Covid, Kondisinya Terus Membaik

Pada kesempatan yang sama, Biden membandingkan kondisinya dengan pendahulunya Donald Trump ketika terinfeksi Covid-19 dan dirawat di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed.

Halaman:
Baca tentang
Sumber AP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.